Monday, 9 Syawwal 1441 / 01 June 2020

Monday, 9 Syawwal 1441 / 01 June 2020

Monumen Soekarno Dibangun di Tiap Tempat Persinggahannya

Jumat 01 Jun 2018 14:32 WIB

Red: Andi Nur Aminah

Mendagri Tjahjo Kumolo

Mendagri Tjahjo Kumolo

Foto: Antara/Muhammad Adimaja
Monumennya berupa patung Soekarno dan lambang burung garuda.

REPUBLIKA.CO.ID, ENDE --  Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan setiap tempat pesinggahan Soekarno di Tanah Air akan dibangun monumen. "Monumennya patung Soekarno dan lambang burung garuda," kata Tjahjo Kumolo kepada wartawan usai meresmikan patung Soekarno yang dibangun persis di halaman rumah pengasingan Soekarno di Kecamatan Kota Raja, Kota Ende, Jumat (1/6).

Ia mengatakan sebelumnya telah meresmikan patung Soekarno di Saumlaki, Provinsi Maluku dan kali ini di Kota Ende, Pulau Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Lokasi itu adalah tempat Soekarno diasingkan pada 1934-1938 silam.

"Zaman dulu dari Batavia (Jakarta) ke Saumlaki itu butuh waktu sampai berbulan-bulan. Beliau (Bung Karno) harus naik kapal laut untuk melihat pulau terluar yang dekat dengan Australia, termasuk di Sangir Talaud yang berbatasan dengan Filipina juga," katanya.

Karena itu, Tjahyo mengatakan, semua perbatasan di NKRI akan dipasang Bhinneka Tunggal Ika beserta sila-sila Pancasila dan juga patung Bung Karno. Menurut Tjahjo Kumolo, pembangunan patung Soekarno bukan untuk menghormati patung secara fisik namun api semangat dari sosok Bung Karno sebagai pencetus Pancasila yang dikedepankan.

Ia mengatakan, Presiden Joko Widodo telah mengamanatkan kepada semua jajaran pemerintahan untuk meluruskan sejarah perjuangan para pendiri bangsa dan negara Indonesia. Apapun itu, lanjutnya, Soekarno adalah tokoh proklamator, presiden pertama Indonesia serta penggagas Pancasila yang harus terus dikenang selama negara Indonesia berdiri.

"Sampai kapanpun semua generasi bangsa harus tetap diingatkan tentang tokoh-tokoh pendiri bangsa. Saya kira bangsa yang ingin besar, bangsa yang akan maju harus ingat jasa para pahlawan-pahlawannya," katanya.

Mendagri berada di Ende dalam rangka memimpin apel peringatan Hari Pancasila 1 Juni di Lapangan Pancasila Ende. Usai memimpin apel, ia melakukan sejumlah kegiatan di antaranya, menyerahkan secara KTP elektronik kepada warga setempat yang memiliki tanggal lahir bertepatan dengan hari lahirnya Pancasila serta pemberian beasiswa bagi para pelajar berprestasi.
Ia juga mengunjungi rumah pengasingan Soekarno di Kecamatan Kota Raja sekaligus meresmikan patung Soekarno yang dibangun persis di halaman rumah pengasingan itu.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA