Tetap Go Green Saat Ramadhan

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Esthi Maharani

 Rabu 30 May 2018 08:45 WIB

Makanan Organik (Ilustrasi) Foto: Tikachuskitchen.blogspot.com Makanan Organik (Ilustrasi)

Muslim bertanggung jawab memastikan lingkungan digunakan secara berkelanjutan

 JAKARTA -- Ramadhan menjadi kesempatan sempurna untuk mengisi ulang baterai spiritual kita tahun ini. Ini adalah bulan penuh ampunan atas keraguan kita dalam merefleksikan tanda-tanda penciptaan dari Allah, termasuk alam sekitar.

Sebagai Muslim, kita bertugas sebagai penjaga (khalifah) di muka Bumi. Setiap Muslim bertanggung jawab memastikan sumber daya dan lingkungan digunakan secara berkelanjutan. Berikut tips agar tetap ramah lingkungan (go green) selama bulan suci, dilansir dari Productive Muslim,

1. Beli produk lokal
Pernahkah Anda mempertimbangkan dari mana makanan Anda berasal? Di Amerika Utara, rata-rata makanan menempuh perjalanan 2.400 kilometer yang berisi bahan-bahan dari lima negara. Jumlah gas rumah kaca yang dikeluarkan dari proses pengangkutan berkontribusi terhadap pemanasan global. Selain transportasi, pengolahannya juga lebih banyak menggunakan bahan bakar fosil.

Anda lebih baik membeli produk lokal di pasar-pasar tradisional terdekat. Anda tidak hanya akan tenang sebab mengetahui dari mana makanan Anda berasal, namun juga mendukung perekonomian lokal, serta mengurangi emisi.

Coba juga makan makanan organik saat sahur dan berbuka. Produk organik lebih enak dan umumnya tidak mengandung pestisida, herbisida, pengawet, dan bahan tambahan lainnya. Pastikan memeriksa produk yang telah disertifikasi.


Berita Lainnya

Play Podcast X