Rabu 30 May 2018 03:49 WIB

Neuer akan Perkuat Jerman Melawan Austria

Neuer telah menjadi kiper nomor satu Jerman selama lebih dari delapan tahun.

Manuel Neuer
Foto: REUTERS/Michael Dalder
Manuel Neuer

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN -- Kiper Jerman, Manuel Neuer, akan tampil perdana setelah absen sembilan bulan karena cedera pada pertandingan persahabatan melawan Austria, Sabtu (2/6). Neuer berpacu dengan waktu untuk untuk pulih tepat waktu saat Piala Dunia 2018 bergulir bulan depan.

Neuer telah menjadi kiper nomor satu Jerman selama lebih dari delapan tahun. Akan tetapi, ia tidak pernah memainkan satu pertandingan resmi pun sejak mengalami patah tulang kaki pada September. Namun pelatih kiper timnas Jerman, Andreas Koepke, mengatakan, ia berada di jalur yang tepat untuk tampil di Rusia.

"Itulah rencananya," kata Koepke kepada para pewarta di pemusatan latihan mereka di Eppan, Italia Utara, Selasa (29/5).

Koepke mengatakan, tidak ada yang menghalangi Neuer membela Jerman kontra Austria, di mana ia akan memiliki banyak hal untuk dilakukan.

Kapten Jerman berusia 32 tahun itu bermain selama 30 menit pada pertandingan latihan mereka melawan timnas Jerman U-20 pada Senin (28/5). Neuer akan kembali bermain selama 30 menit ketika kedua tim bertemu pada Rabu (30/5).

Tim juara dunia itu akan bertahan di Italia sampai 5 Juni, sehari setelah tenggat waktu untuk pengumuman skuat final berisi 23 pemain. Pelatih Joachim Loew membawa 27 pemain untuk mengikuti pemusatan latihan di mana empat pemain akan dicoret, termasuk satu dari empat kiper.

"Manuel memerlukan pertandingan-pertandingan seperti ini setelah cedera panjangnya untuk 100 persen bugar. Itu kondisi dasar ketika ia datang kemari, bahwa ia harus menghantam beberapa blok," kata Koepke.

Ia menegaskan, dari kekuatan lompatan menuju mobilitas sama sekali tidak ada masalah. Koepke memuji Neuer seperti tidak pernah absen. 

Namun yang perlu dilihat adalah mengenai kemampuannya membaca permainan, dan kepercayaan diri untuk memainkan bola dengan kaki. Akan tetapi, sejauh ini, semuanya berjalan dengan baik.

Koepke juga memberi indikasi bahwa Neuer yang bugar akan menjadi pilihan pertama mereka di Rusia, mengungguli tiga kiper lainnya, yakni Kevin Trapp, Marc-Andre ter Stegen, dan Bernd Leno.

"Marc memenangi Piala Konfederasi tahun lalu, menjalani musim super di Barcelona, dan ia tentu saja akan suka untuk bermain di Piala Dunia. Namun mengenai Manuel, itu adalah situasi istimewa dan ia (Marc) dapat mengatasinya dengan sangat baik," kata dia.

Jerman akan menghadapi Arab Saudi di Leverkusen pada 8 Juni pada pertandingan pemanasan terakhir mereka. Setelah itu, Die Mannschaft akan terbang ke Rusia untuk berkompetisi di Grup F bersama Swedia, Korea Selatan, dan Meksiko. Piala Dunia 2018 akan dimulai pada 14 Juni.

Lihat aksi Neuer dalam latihan menuju Piala Dunia 2018: (sumber: Youtube)

 

sumber : Antara/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement