Sunday, 21 Syawwal 1443 / 22 May 2022

Gembira Loka Zoo Berbenah Jelang Lebaran

Senin 28 May 2018 07:55 WIB

Red: Yudha Manggala P Putra

Gembira Loka Zoo di Yogyakarta.

Gembira Loka Zoo di Yogyakarta.

Foto: tourjogja.com
Pembenahan mulai dari pengecatan kandang hingga perbaikan-perbaikan.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Objek wisata Gembira Loka Zoo sebagai salah satu destinasi wisata utama di Yogyakarta mulai berbenah menghadapi libur Lebaran. Pembenahan di antaranya mulai dari pengecatan ulang kandang, perbaikan beragam mesin, serta penyempurnaan berbagai fasilitas di dalamnya.

"Pada Lebaran nanti pelayanan pengunjung kami optimalkan sebaik-baiknya," kata Direktur Utama Gembira Loka Zoo (GL Zoo) KRT Joko Tirtono di Yogyakarta, Senin (28/5).

Menurut Joko, menyambut liburan Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah nanti kebun binatang di Kota Yogyakarta itu juga menyiapkan fasilitas kursi roda, troli belanja, dan hiburan show burung di danau buatan Mayang Tirta.

Kendati berbagai persiapan dilakukan menyambut Lebaran, menurut dia, manajemen GL Zoo tidak menargetkan jumlah pengunjung selama masa libur Lebaran nanti. Hal itu, karena menurut Joko, karena wisata sudah menjadi suatu kebutuhan bagi masyarakat.

"Sekarang Lebaran bukan seperti tahun-tahun lalu,  tapi tren sekarang  wisata sudah jadi suatu kebutuhan masyarakat. Tak hanya saat lebaran saja ramai pengunjung, tapi pada weekend  hari Sabtu dan Minggu tren pengunjung membaik. Ini  positif bagi kami," kata Joko.

Menyambut libur Lebaran, GL Zoo juga mempercepat pembangunan Scracth Zone atau Zona Cakar yang terletak di sisi barat kebun binatang tersebut. Harapannya, saat liburan lebaran nanti, zona baru itu sudah bisa dinikmati pengunjung.

Kepala Bagian Perencaan dan Pembangunan GL Zoo, Budi Yuwono mengatakan luas lahan proyek zona cakar ini mencapai 1,5 hektare, dengan biaya pembangunan sebesar Rp 5,5 miliar.

Pada zona cakar sisi barat itu nantinya ditempati beragam jenis satwa pemakan daging, seperti beruang madu, macan tutul, kucing bulu emas, serta harimau. "Ada empat kandang nantinya. Kereta transportasi keliling (Taring) bagi pengunjung,  nantinya juga melintas di zona baru ini," kata dia.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA