Tuesday, 10 Syawwal 1441 / 02 June 2020

Tuesday, 10 Syawwal 1441 / 02 June 2020

Wilayah Sukabumi Diguncang Gempa 4,4 Skala Ritcher

Sabtu 26 May 2018 05:29 WIB

Rep: riga nurul iman/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Lokasi gempa di Sukabumi (ilustrasi)

Lokasi gempa di Sukabumi (ilustrasi)

Foto: BMKG
belum ada laporan kerusakan akibat gempa yang melanda Sukabumi

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Gempa mengguncang wilayah Kota/Kabupaten Sukabumi Sabtu (26/5) pagi. Akibatnya sebagian warga yang tengah sahur terkejut dan sebagian keluar rumah.

Informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, gempa yang terjadi sekitar pukul 03.15 WIB tersebut berkekuatan 4.4 skala richter (SR). Lokasi gempa berada pada 7.20 LS 106.88 BT dengan pusat gempa di 30 kilometer Barat Daya Gempa Kota Sukabumi dengan kedalaman 6 kilometer.

Getarannya cukup kencang dan mengagetkan keluarga yang tengah sahur, ujar salah seorang warga Kecamatan Cikole Kota Sukabumi Rahman S (34 tahun). Hal ini terlihat dari sejumlah benda di dalam rumah yang terguncang akibat gempa.

Namun beruntung kata Rahman, guncangan gempa hanya terjadi selama beberapa detik dan tidak menimbulkan kerusakan. Sehingga ia yang awalnya sempat keluar rumah akhirnya kembali ke dalam dan makan sahur.

Warga lainnya di Kecamatan Cibadak Kabupaten Sukabumi Nurdin (50) mengatakan hal senada. Gempa cukup kencang tapi hanya beberapa detik, imbuh dia.

Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi Zulkarnain Barhami mengatakan, gempa yang berlansung singkat ini cukup menyentak warga. "Gempa singkat tapi getarannya dirasakan warga," cetus dia.

Hingga kini lanjut Zulkarnain, petugas masih memantau dampak gempa di lapangan. Namun untuk sementara belum ada laporan kerusakan akibat gempa.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA