Kamis 24 May 2018 13:00 WIB

Timnas Basket Putri akan Uji Coba ke Korea Selatan

Timnas akan berada di Negeri Ginseng selama tiga pekan

Rep: Fitriyanto/ Red: Hazliansyah
Timnas basket putri yang menjalani TC di Cirebon bersama Menpora Imam Nahrawi.
Foto: Instagram @hermanto1978
Timnas basket putri yang menjalani TC di Cirebon bersama Menpora Imam Nahrawi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim nasional bola basket putri yang dipersiapkan untuk turun di ajang Asian Games 2018 akan menjalani pemusatan latihan dan uji coba ke Korea Selatan. Pelatih Tim Nasional Putri, Arif Gunarto mengatakan tim akan berada selama tiga pekan di negeri Ginseng.

Kepada Republika.co.id, Kamis (24/5), pelatih yang akrab disapa Njoo Lie Fan ini menyatakan, tim akan terbang ke Korea Selatan usai hari Raya Lebaran.

"Tim akan uji coba mulai 28 juni hingga 17 Juli di sana. Mereka akan sparring dengan team profesional KoreaSelatan," ujar Lie Fan.

Saat ini timnas masih melakukan pelatihan di GOR GMC, Cirebon, Jawa Barat. Menurutnya tim sudah menunjukkan perkembangan yang signifikan. Para pemain sudah dibekali semua sistem yang akan dipakai hingga hal-hal detail.

"Segi fisik juga masih terus ditingkatkan, tapi sudah terlihat progress yang baik," kata Lie Fan.

Salah satu yang menjadi fokus, ujar Lie Fan, adalah komunikasi dan chemistry antarpemain. Hal ini masih harus ditingkatkan. 

"Dan yang terkahir bagaimana pemain bsa menjalani sistem yang sudah dilatih kemudian diaplikasikan dalam pertandingan," kata dia.

Untuk mengaplikasikan berbagai hal yang telah dilatih ke dalam pertandingan, Timnas Putri akan dibuatkan turnamen segi empat dengan lawan dari Tim Putra kelompok umur 17-18 tahun. Turnamen ini akan digelar di Cirebon pada 1-3 juni 2018. Pesertanya adalah Indonesia Thunder Bandung, GMC Cirebon dan Gading Muda Jakarta.

Menurutnya Pertandingan-pertandingan uji coba menjadi"senjata" untuk mempertajam mental dan kemampuan bertanding parapemain timnas putri.

Meski bulan Ramadhan menurut Lie Fan, tidak ada perubahan untuk jam latihan. Dari 16 pemain yang mengikuti pelatihan, hanya tiga orang yang menjalani ibadah puasa. Namun tetap waktu latihan disesuaikan menjadi setelah berbuka puasa.

Pemusatan latihan timnas bola basket putri untuk Asian Games 2018 sudah digelar dalam dua tahap. TC pertama berlangsung pada awal Januari 2018 lalu dan diikuti 23 pemain.

Sementara di TC terkini, yang digelar sejak 23 April 2018 di GMC Basketball Arena, Cirebon, Jawa Barat, ada 16 pemain yang berpartisipasi. Yaitu Priscilla Annabel, Tiara Aulia Denaya, Helena Maria, Dora Lovita, Henny Sutjiono, Vonny Hantoro, Christine Aldora Tjundawan dan Adelaide Callista.

Selain itu juga Clarita Antonio, Natasha Debby Christaline, Ivonne Febriani Sinatra, Dyah Lestari, Gabriel Sophia, Nathania Claresta, Kadek Pratita Citta Dewi dan Putu Eka Liana.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement