Sunday, 23 Muharram 1441 / 22 September 2019

Sunday, 23 Muharram 1441 / 22 September 2019

 

Ini Tips Berpuasa Saat Cuaca Panas

Rabu 23 May 2018 19:50 WIB

Rep: Christiyaningsih/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Suasana berbuka puasa bersama di Masjid Hubbul Wathan di Kompleks Islamic Center Nusa Tenggara Barat (NTB), Kota Mataram, Sabtu (19/5). Setiap hari tersedia ratusan takjil dan paket makanan di Masjid Hubbul Wathan.

Suasana berbuka puasa bersama di Masjid Hubbul Wathan di Kompleks Islamic Center Nusa Tenggara Barat (NTB), Kota Mataram, Sabtu (19/5). Setiap hari tersedia ratusan takjil dan paket makanan di Masjid Hubbul Wathan.

Foto: Republika/Fuji E Permana
Ramadhan adalah momen memperbaiki diri dengan cara lebih disiplin

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Berpuasa di saat suhu udara sedang panas bisa jadi berat untuk sebagian orang. Tapi jangan khawatir, ada beberapa tips agar kita tetap kuat berpuasa walau cuaca sedang tidak bersahabat. Dikutip dari Emirates Woman, berikut tujuh kiat menjaga tubuh tetap fit saat berpuasa di hawa yang panas.

 

1. Jangan Lewatkan Makanan Utama

Jangan sampai anda melewatkan makanan utama terutama saat sahur. Pastikan anda memperoleh asupan karbohidrat yang cukup sebagai pasokan energi selama seharian berpuasa. Jika anda tidak punya persediaan makanan 'berat' untuk sahur, anda bisa menggantinya dengan segelas susu, kacang, dan kurma. Ingatlah untuk minum dua hingga tiga gelas air saat sahur. Cara ini ampuh mencegah dehidrasi kala berpuasa.

 

2. Makan Perlahan

Makanlah secara perlahan saat waktu buka puasa tiba. Pastikan piring amda terisi dengan karbohidrat, protein, buah, dan sayur.

 

3. Vitamin B Kompleks

Agar kondisi tubuh tetap prima sepanjang hari, tidak ada salahnya anda mengonsumsi vitamin B kompleks. Vitamin B kompleks bermanfaat menjaga energi selama kita berpuasa.

 

4. Makan Selektif

Berpuasa acapkali meningkatkan keasaman dalam perut. Saat kadar asam lambung meningkat, perut akan merasakan sensasi seperti terbakar dan mual. Kondisi demikian tidak akan terjadi jika kita selektif memilih makanan. Pilihlah makanan yang mengandung banyak serat. Hindari makanan serba gorengan, pedas, asin, dan makanan yang mengandung terlalu banyak gula.

Gula akan memengaruhi kenaikan berat badan dan membuat perut tidak nyaman. Sedangkan melahap terlalu banyak makanan asin membuat tubuh menahan air dan menciptakan rasa kembung. Makanan pedas juga sebaiknya dihindari karena membuat kita cepat merasa haus.

 

5. Hindari Kafein

Minuman yang tinggi kafein seperti kopi dan teh sebaiknya dihindari. Kafein akan menyaring protein dalam tubuh sehingga anda akan merasa lebih cepat lapar. Ketika sahur janganlah meminum teh karena teh meningkatkan ekskresi garam dalam urin yang dibutuhkan tubuh selama berpuasa. Minuman yang paling ideal saat sahur adalah air putih. Jika anda adalah orang yang cepat merasa haus, tambahkan potongan lemon, stroberi, atau daun mint ke dalam air putih.

 

6. Olah raga ringan

Puasa bukan alasan anda untuk menghindar dari olah raga. Justru olah raga disarankan bagi mereka yang berpuasa tetapi dilakukan dalam porsi yang ringan. Berolah ragalah saat mendekati jam buka puasa sehingga anda dapat langsung minum ketika sudah lelah dan kehausan.

 

7. Disiplin Diri

Pada dasarnya, Ramadhan adalah wahan untuk melatih diri agar menjadi pribadi yang disiplin. Para perokok, pecandu kafein, atau mereka yang biasanya makan dengan rakus bisa memperbaiki diri lewat momen Ramadhan. Bulan suci adalah saatnya membersihkan dan menyehatkan tubuh. Mari jadikan Ramadhan tahun ini membawa perubahan baik bagi kita hingga seterusnya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA