Rabu 23 May 2018 17:12 WIB

Menpora: 14 Cabang Diproyeksikan Raih Emas di Asian Games

Semua cabang diunggulkan, tapi ada yang realistis untuk mendapat medali

Menteri Pemuda dan Olahraga RI - Imam Nahrawi
Foto: Republika/Iman Firmansyah
Menteri Pemuda dan Olahraga RI - Imam Nahrawi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi akan memaksimalkan seluruh cabang olahraga untuk dapat menyumbang medali di gelaran Asian Games 2018 bulan Agustus mendatang. Namun dari seluruh cabor, Menpra mengatakan ada 14 cabang yang diproyeksikan meraih medali emas.

"Semua cabang olahraga kita unggulkan, tetapi ada juga yang realistis dapat medali. Cabang olahraga yang diproyeksikan mendapat medali emas ada kurang lebih 14 cabang olahraga," kata Imam di Kantor Wakil Presiden Jakarta, Rabu (23/5).

Selain cabang olahraga unggulan, Imam menjelaskan, ada dua penghitungan lain yang diharapkan dapat mendorong Indonesia masuk dalam peringkat 10 besar.

"Ada juga cabang olahraga yang diproyeksikan mendapat medali, entah perunggu atau perak. Kemudian ada cabang olahraga yang hanya untuk menaikkan peringkat dan poin," jelasnya.

Sementara itu, persiapan para atlet saat ini sebagian besar sedang mengikuti pelatihan baik di dalam maupun luar negeri.

"Dari 40 cabang olahraga, 33 di antaranya sudah 'try out' dan hasilnya variatif. Ada yang menggembirakan, ada juga yang butuh try out baru. Dan ini masih ada jarak dua bulan, nanti awal Agustus mereka try out lagi," tuturnya.

Dengan adanya peningkatan latihan di pelatnas dan uji coba di luar negeri, Menpora yakin atlet-atlet Indonesia dapat mewujudkan harapan masuk ke peringkat 10 besar pada Asian Games nanti.

"Ya, sangat optimistis karena ada beberapa cabang olahraga yang prediksinya hanya dapat satu medali emas, tapi di level dunia bisa melampaui. Contohnya paralayang, ditargetkan hanya satu medali tapi di kejuaraan dunia kemarin mereka dapat tiga medali emas," ujarnya.

Menpora melaporkan perkembangan persiapan para atlet cabang olahraga Asian Games kepada Wakil Presiden Jusuf Kalla di Jakarta, Rabu.

Dalam pertemuan tersebut, Imam mengatakan Wapres meminta seluruh jajaran Pemerintah dan Inasgoc untuk terus mengawal persiapan dan pelaksanaan Asian Games baik di Jakarta maupun di Palembang.

Wapres juga meminta Menpora untuk selalu terjun langsung memantau latihan para atlet dan menjamin segala keperluan dan fasilitas selama latihan terpenuhi dengan baik.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement