Rabu 23 May 2018 17:08 WIB

Penerimaan Mahasiswa Baru UMP Melalui Tiga Jalur

Ada banyak program studi yang bisa dipilih calon mahasiswa.

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Yusuf Assidiq
Universitas Muhammadiyah Purwokerto
Foto: wordpress.com
Universitas Muhammadiyah Purwokerto

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Jawa Tengah, sejak beberapa waktu lalu telah membuka pendaftaran mahasiswa baru. Kepala Biro Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru UMP, Anis Shofiyani, mengatakan penerimaan mahasiswa baru dilakukan melalui tiga jalur.

''Antara lain, jalur reguler, minat dan prestasi (online), dan jalur smart. Tahun ini, UMP akan membuka pendaftaran mahasiswa baru hingga akhir Agustus 2018,'' jelasnya.

Dikatakan, ada banyak program studi yang bisa dipilih calon mahasiswa sesuai minat dan bakat. Antara lain berbagai program studi yang bernaung di bawah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Ekonomi dan Bisnis, Teknik dan Sains, serta Pertanian.

Lainnya adalah Fakultas Psikologi, Farmasi, Sastra, Hukum, Ilmu Kesehatan, Kedokteran, Pascasarjana, serta Program Profesi Apoteker, Ners, Dokter, dan Kebidanan. ''Untuk Program Pascasarjana, UMP telah membuka program S2 untuk Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Magister Manajemen, Pendidikan IPS, dan Pendidikan Dasar,'' jelasnya.

Ia juga menyatakan, saat ini UMP telah memiliki 59 laboratorium dengan teknologi modern, 38 keunggulan prodi, juga enam riset unggulan penelitian unggulan sebagai bentuk dedikasi atas pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Rektor UMP, Dr Syamsuhadi Irsyad, juga menyebutkan bahwa di UMP terdapat cukup banyak program beasiswa bagi mahasiswa yang berprestasi. Antara lain, beasiswa PPA Dikti Kopertis VI, Bidikmisi, PPA & BBM UMP, program beasiswa bagi hafiz Alquran, beasiswa berprestasi, beasiswa kader Muhammadiyah, beasiswa fakir miskin, dan beasiswa yatim.

Menurutnya, UMP saat ini sudah menjadi perguruan tinggi swasta terbesar di Jawa Tengah bagian barat, yang tengah memersiapkan diri meraih akreditasi A untuk kategori institusi UMP. ''Di Jateng, UMP menempati peringkat ke-2 Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) terbaik. Sedangkan di tingkat nasional, UMP menduduki peringkat ke-6,'' katanya.

Untuk memperkaya pengalaman akademis mahasiswa, UMP secara aktif mengembangkan kerja sama Internasional dengan berbagai perguruan tinggi ternama dunia dalam bidang riset dan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM). Selain itu, paparnya, UMP saat ini juga memperkuat kerja sama dalam negeri dengan mitra strategis.

''Banyak kelebihan yang menyebabkan UMP menjadi PTS terpandang,'' jelas rektor. Antara lain, karena kualitas tenaga pengajar UMP hampir seluruhnya berkualifikasi S2 dan S3, perpustakaan universitas yang lengkap dan terkreditasi A, jaringan internet 24 jam, pusat bahasa berstandar internasional, dan laboratorium pusat yang modern.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement