Thursday, 16 Syawwal 1445 / 25 April 2024

Thursday, 16 Syawwal 1445 / 25 April 2024

MPR ke Pesantren untuk Perkuat Ideologi Pancasila

Ahad 20 May 2018 05:05 WIB

Red: Friska Yolanda

Ketua MPR Mahyudin dan Anggota MPR dari Fraksi Partai Golkar Heti Latifah ke Pondok Pesantren Al Banjari, Balikpapan, Kalimantan Timur, Sabtu (19/5).

Ketua MPR Mahyudin dan Anggota MPR dari Fraksi Partai Golkar Heti Latifah ke Pondok Pesantren Al Banjari, Balikpapan, Kalimantan Timur, Sabtu (19/5).

Generasi muda jangan sampai terkontaminasi paham yang salah.

REPUBLIKA.CO.ID, BALIKPAPAN -- Salah satu upaya menangkal terorisme adalah dengan meningkatkan pemahaman nasionalisme dan Pancasila. Sosialisasi ini dilakukan MPR ke berbagai elemen masyarakat, termasuk ke pesantren-pesantren.

"MPR rajin masuk ke pesantren untuk mensosialisasikan Pancasila," ujar Wakil Ketua MPR Mahyudin saat mengunjungi Pondok Pesantren Al Banjari, Balikpapan, Kalimantan Timur, Sabtu (19/5).

Untuk menangkal terorisme dinilai Mahyudin perlu melibatkansemua pihak. "Saya kira kita perlu bersama untuk menangkal terorisme," paparnya.

Ia juga tidak setuju apabila terorisme dikaitkan denfan Islam. Menurutnya, terorisme bukanlah ajaran Islam.

Ia berharap Majelis Ulama Indonesia (MUI)  mengeluarkan fatwa tentang terorisme. "Jangan dikaitkan Islam dengan terorisme," ujarnya.

Dihadapan 300 santri Al Banjari, Mahyudin yakin para santri yang ada berpaham ahlus sunnah waljamaah. Dirinya berharap agar generasi muda itu tidak terkontaminasi dengan paham yang salah.

Agar tak terkontaminasi dengan paham yang salah  maka MPR melakukan sosialisasi Pancasila di pesantren. "Kami antisipasi pemahaman yang salah dengan Pancasila," paparnya.

Kepada wartawan Mahyudin mengatakan program sosialisasi seperti ini sudah lama dilakukan oleh MPR. "Dan sekarang masyarakat semakin sadar pentingnya ideologi Pancasila," ujarnya.

Dikatakan kunjungan ke Al Banjari selain untuk bersilaturahmi juga untuk menjalankan tugas MPR. "Di bulan puasa ini kita perkuat ukhuwah islamiyah, ukhuwah wathaniyah, dan ukhuwah basariyah," ujarnya.

Anggota MPR dari Fraksi Partai Golkar Heti Latifah yang ikut menjadi nara sumber dalam sosialisasi itu menuturkan bahwa mereka yang berada di Al Banjari harus bangga menjadi santri sebab sebelum Indonesia merdeka santri ikut berjuang memerdekakan Indonesia. "Banyak santri diangkat menjadi pahlawan," ujarnya.

Heti Latifah mengajak kepada santri untuk terus memperjuangkan cita-cita pendahulunya namun dengan cara kekinian. "Berjuang di jaman sekarang lebih sulit karena musuh tak seperti pada masa lalu," ungkapnya. "Musuh kita sekarang seperti kemiskinan dan narkoba," paparnya.

Ditegaskan para santri harus menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi serta mampu menguasai ekonomi.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler