Kamis 17 May 2018 08:00 WIB

FIFA Sediakan Dua Tablet untuk Tim Pelatih di Piala Dunia

Pelatih di sisi lapangan bisa menganalisa statistik pemain sekaligus jalannya laga.

Rep: Santi Sopia/ Red: Endro Yuwanto
Logo Piala Dunia Rusia 2018
Foto: FIFA.com
Logo Piala Dunia Rusia 2018

REPUBLIKA.CO.ID, SWISS -- Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) memperkenalkan pendekatan teknologi baru untuk Piala Dunia bagi tim pelatih selama pertandingan. FIFA menyediakan tablet statistik pemain yang bisa digunakan pelatih maupun staf tim untuk mengetahui berbagai informasi, mulai dari metrik pemain, data posisi real time, hingga rekaman video.

Seperti dilansir AS, Kamis (17/5), sebelumnya reka ulang jalannya laga bisa dilihat melalui asisten wasit video (VAR). Alat ini pun menjadi penyempurna VAR yang selama ini menjadi acuan.

Kini, pelatih di pinggir lapangan bisa menganalisa statistik para pemain sekaligus jalannya pertandingan hanya melalui sentuhan tablet. Sebanyak 32 negara yang ikut serta di putaran final Piala Dunia, masing-masing diberikan fasilitas mengoperasikan dua tablet.

Satu tablet untuk menganalisa permainan dan satu lagi untuk berkomunikasi dengan pengguna perangkat serupa di bangku cadangan. Informasi yang diberikan oleh sistem baru ini dimaksudkan agar para pelatih bisa mengetahui sendiri segala hal tentang informasi jalannya laga serta meminimalisasi debat pascapertandingan.

Implementasi alat analisis ini juga telah disetujui oleh Badan Pengurus Asosiasi Sepak Bola Internasional, mengikuti langkah terpadu FIFA soal penyempurnaan sistem VAR. Setelah meratifikasi penggunaan VAR, FIFA diminta untuk menyempurnakan teknologi di Piala Dunia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement