Monday, 18 Zulhijjah 1440 / 19 August 2019

Monday, 18 Zulhijjah 1440 / 19 August 2019

 

Martabak Telur Isi Kentang Tumbuk

Rabu 16 May 2018 07:58 WIB

Rep: Dwina Agustin/ Red: Indira Rezkisari

Martabak kentang kreasi Chef Stefu Santoso.

Martabak kentang kreasi Chef Stefu Santoso.

Foto: Republika/Dwina Agustin
Kentang bisa dimanfaatkan untuk mengganti daging dalam martabak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kentang merupakan sayur yang tergolong mudah dipadukan dalam banyak resep. Dijadikan perkedel, isian sup, dimasak balado, baru sebagian kegunaan kentang dalam masakan.

Kentang juga cocok dijadikan isian martabak telur. Cukup menggunakan mashed potato atau kentang tumbuk, martabak telur akan memiliki tekstur dan rasa yang sangat berbeda dari sajian yang sering dibeli di pinggir jalan.

Chef Stefu Santoso mengatakan, sajian tersebut terilhami darimakanan yang pernah dibuat di rumahnya. Martabak kentang sering dibuat keluarganya, mulanya sebatas mengganti bahan daging dalam martabak. "Kalau pakai daging mahal dan bikin cemilan cepat, ya, pakai kentang," kata Executive Chef AMUZ Gourmet Restaurant itu.

Ide lahirnya martabak kentang berasal dari sajian yang enak dan bisa membuat kenyang. Kentang memiliki kandungan karbohidrat tinggi, sehingga bisa menggantikan posisi nasi untuk mengenyangkan perut dalam waktu singkat.

Pembuatan martabak kentang sama saja dengan martabak telur biasa. Cukup masukan kentang, telur, daun bawang, dan bumbu seperti lada dan garam. Setelah itu siapkan kulit martabak dan goreng sambil memasukkan isian yang sudah dipersiapkan.

Baca juga: Uniknya Sambal Daun Koja Berpadu Daun Melinjo

Chef Stefu mengingatkan untuk menghasilkan isian yang padat gunakan kentang tumbuk yang tidak terlalu lembut. Tujuannya untuk menghasilkan tekstur yang lebih berisi dan terasa lebih mengenyangkan.

Satu lagi kreasi kentang oleh Chef Stefu sup ikan asam pedas dengan kentang. Kentang yang digunakan merupakan hasil pertanian Amerika Serikat yang dikenal berkualitas baik kemudian diubah menjadi tepung atau dikenal potato granules. "Sup asam pedas ini kan Indonesia banget karena sebagian orang mengenalnya pindang," kata dia.

Untuk membuat masakan ini Chef Stefu membuat perbedaan yang cukup unik dengan kentang. Rasa dan tekstur kentang menghasilkan kuah lebih kental dan gurih. Tepung kentang digunakan bisa menghasilkan kekentalan yang pas untuk pindang.

Penggunaan bahan kentang asal Amerika pun bisa ditukar dengan bahan lokal. Tepung kentang Indonesia bisa menjadi pilihan kalau ingin mencoba memasak sajian sup ikan asam pedas.

Proses memasaknya sama dengan bahan-bahan yang biasa digunakan untuk sup ikan. Dalam selingan memasak, masukan tepung kentang tersebut.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES