Thursday, 5 Rabiul Awwal 1442 / 22 October 2020

Thursday, 5 Rabiul Awwal 1442 / 22 October 2020

ACT Siapkan Program Beri Ramadhan Terbaik

Selasa 15 May 2018 06:28 WIB

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

 Humanity Food Truck ACT, truk  besar yang disulap menjadi dapur masak umum.

Humanity Food Truck ACT, truk besar yang disulap menjadi dapur masak umum.

Foto: Dok ACT
ACT juga menggelar program global yaitu aksi Solidaritas Kemanusiaan Dunia Islam

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Menyambut bulan suci Ramadhan, Aksi Cepat Tanggap (ACT) turut mengajak bangsa Indonesia mewujudkan amal saleh untuk kemanusiaan, baik untuk sesama bangsa Indonesia maupun untuk meringankan krisis kemanusiaan global. Hal ini terangkum dalam program Beri Ramadhan Terbaik, yang resmi diluncurkan oleh ACT Jawa Tengah, di KotaSemarang, Senin (14/5).

Branch Manager ACT Jawa Tengah, Sri Suroto mengatakan, program Beri Ramadhan Terbaik ini menekankan pada ikhtiar kuat umat dalam meraih ridla-Nya. Ramadhan merupakan bulan terbaik dantermulia dari semua bulan Hijriyah. Hal tersebut menjadi momen untuk melipat gandakan ikhtiar dan amalan terbaik umat Muslim.

"Semua dapat dilakukan melalui program filantropi yang digagas oleh ACT selama bulan suci Ramadhan nanti," jelasnya.

Di dalam negeri, kata Sri Suroto, ACT memiliki program Humanity Food Truck (HFT), atau truk layanan makanan gratis untuk warga paling membutuhkan. Selama Ramadhan nanti, Humanity Food Truck akan berkeliling ke wilayah pra-sejahtera di Jabodetabek, Banten dan Jawa Barat.

HFT akan menyediakan makanan berbuka puasa gratis untuk masyarakat pra-sejahtera. Selain HFT, akan ada pula Humanity Food Van (HFV), miniatur HFT yang juga akan hadir di 14 kota diIndonesia, selama Ramadhan, tambahnya.

Khusus, di Jawa Tengah, ACT akan melaksanakan beberapa program kemanusiaan di berbagai kabupaten/kota selama Ramadhan.

Secara rutin ACT Jawa Tengah akan mengadakan buka bersama dhuafa dan pendistribusian paket pangan Ramadhan berupasembako untuk masyarakat di desa- desa pra sejahtera yang terangkum dalam program Pelosok Jateng.

Nantinya juga akan dilaksanakan program peduli lansia, berupa Pesantren Lansia dengan mengadakan senam lansia, pemeriksaan kesehatan, paket sahur dan berbuka puasa untuk 100 lansia dhuafa.

Sri Suroto menambahkan, untuk program global ACT, antara lain bakal diwujudkan melalui aksi Solidaritas Kemanusiaan Dunia Islam (SKDI), yaitu program pangan untuk membantu masyarakat di negara konflik maupun negara miskin.

"Insya Allah, Ramadhan 1439 H, akan ada delapan negara yang akan disapa ACT. Mereka di antaranya Palestina, Suriah,Yaman, Somalia, Kashmir, Mongolia, Bangladesh (Rohingya) dan Myanmar(Rohingya)," ucapnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA