Monday, 30 Jumadil Akhir 1441 / 24 February 2020

Monday, 30 Jumadil Akhir 1441 / 24 February 2020

Kodam III Siliwangi Kampanyekan Citarum Harum

Senin 14 May 2018 14:58 WIB

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Esthi Maharani

Sungai Citarum

Sungai Citarum

Foto: Republika/Agung Supriyanto
Dalam tujuh tahun ke depan sungai Citarum harus menjadi sungai yang bersih

REPUBLIKA.CO.ID,  CISANTI- Kodam III/Siliwangi menggelar lomba lari di Situ Cisanti, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, Ahad (13/5) yang diikuti kurang lebih 40 ribu orang peserta dari berbagai daerah. Dengan kategori 5 K dan 10 K. Kegiatan tersebut merupakan bagian mengkampanyekan program Citarum Harum yang digagas oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Besar Harto Karyawan mengatakan kegiatan lomba lari diadakan dalam rangka HUT Kodam III Siliwangi ke 72 dan sekaligus bagian dari mengkampanyekan agar Citarum Harum.

"Kegiatan ini menjadi sarana mengajak kepada masyarakat untuk lebih dekat dengan alam disamping mencari bibit atlet," ujarnya, Ahad (13/5). Dia mengatakan, jika lebih dekat maka masyarakat bisa lebih peduli dan berpartisipasi dalam kelestarian Citarum.

Menurutnya, sungai Citarum sebagai salah satu sumber air fungsinya harus dikembalikan sebagai tempat memberi penghidupan kepada khalayak banyak. Oleh itu, masyarakat diminta tidak mengotori sungai Citarum dengan membuang sampah sembarangan, limbah dan hal lainnya yang bisa merusak ekosistem di DAS Citarum.

"Air itu kebutuhan hidup yang harus dijaga, jangan diracuni sungai dengan limbah dan sampah jika masih sayang kepada anak cucu," katanya.

Dirinya menambahkan, pihaknya terus berupaya memberi pemahaman kepada masyarakat untuk turut menjaga sungai yang mendapat predikat terkotor di Dunia tersebut. "Kami berupaya mengembalikan ekosistem di sepanjang DAS (Daerah Aliran Sungai) Citarum," katanya.

Menurutnya, dalam tujuh tahun ke depan sungai Citarum harus menjadi sungai yang bersih, bahkan menjadi serambi rumah yang mana masyarakat bisa menikmati kebersihan sungai. "Sekarang sungai Citarum sudah nampak lebih bersih dari sebelum-sebelumnya, tapi masih butuh kerja keras," katanya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA