Wednesday, 8 Sya'ban 1441 / 01 April 2020

Wednesday, 8 Sya'ban 1441 / 01 April 2020

BRI Resmikan Money Changer di Perbatasan Indonesia-Malaysia

Jumat 04 May 2018 17:38 WIB

Rep: Binti Sholikah/ Red: Andi Nur Aminah

Petugas memasukkan magasin uang ke dalam mesin ATM BRI di Kantor Pusat PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta (ilustrasi).

Petugas memasukkan magasin uang ke dalam mesin ATM BRI di Kantor Pusat PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta (ilustrasi).

Foto: Antara/Yudha
BRI merupakan bank yang terdepan menjaga kedaulatan rupiah di perbatasan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bank BRI meresmikan layanan money changer di Teras BRI Aji Kuning, wilayah terdekat dengan perbatasan patok 3 di Pulau Sebatik, Kalimantan Utara, Jumat (4/5). Acara tersebut dihadiri Direktur Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia Luctor E Tapiheru, EVP Bank BRI Hepman Damanik dan VP Bank BRI Satria Alexander.

Pulau Sebatik merupakan pulau kecil di ujung Kalimantan yang termasuk dalam salah satu wilayah 3T (tertinggal, terdepan dan terluar). Pulau tersebut secara administratif dibagi manjadi dua bagian. Bagian selatan masuk wilayah kedaulatan Indonesia yang termasuk dalam provinsi Kalimantan Utara sedangkan di bagian utara berbatasan langsung dengan Malaysia (Tawau, Sabah). Kondisi ini membuat dualisme penggunaan mata uang rupiah dan ringgit kerap ditemui di wilayah tersebut.

Sekretaris Perusahaan Bank BRI, Bambang Tribaroto, mengatakan, peresmian layanan money changer di Teras BRI Aji Kuning sebagai dukungan Bank BRI untuk menjadikan mata uang rupiah sebagai satu-satunya alat pembayaran yang sah di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"BRI merupakan bank yang terdepan menjaga kedaulatan rupiah di perbatasan, hal ini kami lakukan sebagai upaya untuk menjaga kedaulatan wilayah serta meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di wilayah perbatasan," kata Bambang melalui siaran pers.

Bambang menambahkan, sebelumnya Bank BRI telah memiliki layanan money changer di Pulau Sebatik yang berlokasi di BRI Unit Sungai Nyamuk. Rata-rata transaksi di money changer di BRI Unit Sungai Nyamuk sebesar 80 ribu 100 ribu ringgit per bulan.

"Dengan keberadaan layanan money changer di Teras BRI Aji Kuning, kami yakin transaksi penukaran ringgit menjadi Rupiah di Pulau Sebatik akan meningkat, mengingat letaknya yang berdekatan langsung dengan perbatasan," imbuh Bambang.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA