Kamis 03 May 2018 12:27 WIB

IABIE Supermentor Terus Memotivasi Pelajar Indonesia

Motivasi guna membangkitkan semangat generasi muda agar siap hadapi persaingan global

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Maman Sudiaman
Ketua UMUM IABIE  Bima Sasongko (kanan) membuka acara supermentor di SMKN 1 Jakarta, beberapa waktu lalu.
Foto: Republika/Iman Firmansyah
Ketua UMUM IABIE Bima Sasongko (kanan) membuka acara supermentor di SMKN 1 Jakarta, beberapa waktu lalu.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Ikatan Alumni Program Habibie (IABIE) kembali menggelar dua acara IABIE Supermentor di Universitas Al Azhar Indonesia (UAI), pada Rabu (18/4) pekan lalu. Kegiatan tersebut digelar untuk membangkitkan semangat generasi muda agar siap menghadapi persaingan global.

Ketua Umum IABIEBimo Sasongko menyatakan bahwa kegiatan IABIE Supermentor menjadi salah satu bentuk kontribusi para alumni Beasiswa Program Habibie yang memiliki latar belakang pendidikan dan pengalaman yang berbeda. Program ini bertujuan untuk meningkatkan minat studi pelajar agar tertantang untuk melanjutkan studinya ke luar negeri sesuai dengan bidang yang mereka inginkan.

"IABIE akan mengerahkan 4.000 alumni yang tersebar di seluruh kota di Indonesia untuk melaksanakan proram IABIE Supermentor di 5.000 instansi pendidikan di Indonesia, baik dari tingkat Sekolah, hingga Universitas," ujar Bimo dalam keterangan tertulis yang diterima Republika, baru-baru ini.

Dalam kegiatan IABIE yang dilaksanakan di UAI, Kepala Sub Direktorat Modal Ventura Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Herwanto S. Prabowo menyampaikan motivasinya dengan tema : Ekonomi Kreatif Untuk Mahasiswa dan Kompetisi Bisnis Bagi Mahasiswa atau Startup.

Pria yang kerap disapa dengan panggilan Bowo ini mengatakan, dari tahun ke tahun banyak lulusan universitas yang belum terserap ke dunia kerja secara efektif. Ia menyampaikan mahasiswa tidak perlu menggantungkan harapannya kepada lapangan pekerjaan yang ada, tetapi juga harus mencoba membuat lapangan pekerjaan itu sendiri melalui industri ekonomi kreatif.

"Sejak dini, para mahasiswa tentunya mempunyai ide untuk membangunstartupatau bisnis sendiri walaupun kecil, siapa tahu dengan ide yang kecil itu dapat bersaing dengan startup-startup raksasa saat ini seperti Lazada, Gojek, Bukalapak, dan lain-lain. kata pria yang juga menjabat sebagai salah satu Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) IABIE tersebut.

Kegiatan IABIE Supermentor lainnya juga dilaksanakan di MAN 1 Jakarta,Kamis (19/4) lalu dengan narasumber Dr Kuntjoro Pinardi yang menjabat sebagai ahli Senior BPJS Ketenagakerjaan Pusat. Kuntjoro memberikan motivasi mengenai apa yang harus dipersiapkan dan dilakukan setelah lulus dari bangku sekolah terutama dari MANdi hadapan 100 siswa/i MAN 1 Jakarta.

Salah satu Wasekjen IABIE ini menyebutkan bahwa dalam proses mencapai keberhasilan atau kesuksesan berawal dari restu orang tua. "Ketika Anda berada dalam suatu keberhasilan atau kesuksesan, maka saat itulah doa orang tua anda didengar," ujar Kuntjoro.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement