Senin 23 Apr 2018 16:35 WIB

UNBK SMP di Lampung Sempat Tertunda 10 Menit

Beberapa siswa mengalami kesulitan saat memulai masuk login ke server.

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Ani Nursalikah
Pelajar menunggu bisa diaksesnya server Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), Senin (23/4).
Foto: Antara/Didik Suhartono
Pelajar menunggu bisa diaksesnya server Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), Senin (23/4).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -- Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP di Kota Bandar Lampung dan beberapa daerah di Provinsi Lampung berjalan lancar dan aman pada hari pertama, Senin (22/4). Ada sekolah yang kesulitan masuk ke server sehingga pelaksanaan UNBK Pelajaran Bahasa Indonesia sempat tertunda lima sampai 10 menit.

Berdasarkan keterangan beberapa siswa peserta UNBK SMP di Kota Bandar Lampung, peserta mengalami kesulitan saat memulai masuk login ke server. Keterlambatan login ke server membuat pelaksanaan ujian hari pertama mengalami keterlambatan. ''Memang ada kesulitan masuk ke server saat login. Tapi tidak lama,'' ujar Yuni, salah seorang SMP Negeri 1 di Bandar Lampung.

Menurut dia, pengerjaan ujian Mata Pelajaran Bahasa Indonesia kehilangan waktu sekita 10 menit dari sebelumnya. Dalam jadwal seharusnya dimulai pada pukul 7.30 mundur menjadi 7.40. Namun, kendala tersebut tidak membuat peserta UNBK kecewa dan terganggu.

Sedangkan pelaksanaan UNBK SMP pada daerah-daerah di Lampung, keterangan yang diperoleh berjalan lancar dan aman pada hari pertama. Laporan yang diperoleh dari SMP di Kabupaten Lampung Barat, semua SMP telah menerapkan UNBK. SMP Sekincau menyatakan telah siap menjalankan UNBK untuk pertama kalinya tahun ini.

Kepala SMPN 1 Sekincau Bambang menyatakan pihaknya telah siap menggelar UNBK dengan mempersiapkan peralatan komputer, ruang kelas, dan pengawas. SMP tersebut pertama kali menerapkan ujian dengan basis komputer. Ia berharap pelaksanaan UNBK hingga selesai pada 26 April 2018 dapat berjalan lancar tanpa kendala teknis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement