Thursday, 28 Jumadil Awwal 1441 / 23 January 2020

Thursday, 28 Jumadil Awwal 1441 / 23 January 2020

Fribo, Teman Robot untuk Orang yang Tinggal Sendiri

Rabu 18 Apr 2018 17:06 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Yudha Manggala P Putra

Robot Fribo.

Robot Fribo.

Foto: IEEE Spectrum
Fribo dirancang untuk memicu penggunanya meningkatkan konektivitas sosial.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Manusia adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain. Namun, sebagian orang terpaksa harus tinggal sendiri sehingga interaksinya dengan orang lain sangat terbatas dan berpotensi mengalami kesepian.

Sebagai solusinya, tim robotik dari KAIST dan Universitas Yonsei di Seoul menghadirkan robot bernama Fribo. Temuan itu memenangkan Best Paper Award saat dipresentasikan pada ajang interaksi robot-manusia HRI 2018 di Chicago, AS.

Fribo dirancang untuk memicu penggunanya yang kesepian meningkatkan konektivitas sosial. Robot hitam berbentuk kepala dengan telinga kerucut itu bisa menangkap berbagai jenis suara, menerjemahkan, lalu memberikan respons.

Selain mengenali dan mengartikan suara, robot juga memiliki sensor ultrasonik, suhu, kelembapan, dan pencahayaan. Namun, Fribo lebih berguna jika terdapat robot serupa lain dalam jaringan atau jangkauan di sekitarnya.

Robot itu tidak berfungsi sebagai mediator, tetapi membuat pengguna menjangkau teman dengan memberi alasan untuk melakukannya. Ketika Fribo di rumah Anda mendengar suara yang dikenali, ia mengirim pesan ke Fribo di tempat lain.

Sebagai contoh, ketika seorang teman Anda yang memiliki Fribo membuka lemari es. Fribo itu akan mengomunikasikan kepada Fribo Anda dengan kalimat: "Oh, seseorang baru saja membuka pintu kulkas. Aku ingin tahu makanan apa yang dimilikinya."

Dengan kata lain, Fribo bukan robot sosial, tetapi robot jejaring sosial. Privasi pengguna sangat dijaga dengan ketiadaan perangkat rekam, dan penggunanya bebas memilih merespons pesan real time Fribo atau tidak.

Pengguna bisa menanggapi pesan dengan segera menghubungi kawan yang disebut Fribo sedang berkegiatan. Ketika sedang tidak ingin diganggu, Fribo akan memberi pengingat penting bahwa Anda tidak pernah sendirian, dikutip dari laman Spectrum.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA