Selasa 17 Apr 2018 21:31 WIB

Muhadjir Bertekad Mengarusutamakan Ilmu Sosial

Muhadjir ingin ilmu sosial mengambil peran dalam arah perjalanan bangsa.

Muhadjir Effendy.
Foto: Republika/Wahyu Suryana
Muhadjir Effendy.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Himpunan Indonesia untuk Pengembangan Ilmu-Ilmu Sosial (HIPIIS) Muhadjir Effendy mengatakan bertekad mengarusutamakan ilmu sosial. Dia juga ingin agar ilmu sosial dapat mengambil peran dalam arah perjalanan bangsa ke depan.

"Perkembangan ilmu sosial mengalami ketertinggalan yang cukup serius. Oleh karena itu, kami ingin mengarusutamakan kembali ilmu sosial," ujar Muhadjir usai rapat kerja HIPIIS di Jakarta, Selasa (17/4).

Muhadjir mengakui ilmu sosial mengalami proses peminggiran. Oleh karena itu, HIPIIS berupaya untuk menghidupkan kembali HIPISS tersebut.

Dia juga mengaku akan berupaya agar HIPIIS ingin berkontribusi dalam merespon masalah-masalah sosial. Untuk menghadapi revolusi industri 4.0, ilmu sosial mempunyai tiga peran.

Dia menyebutkan ilmu sosial harus bisa mendahului perkembangan atau dalam hal ini antisipatif. Selain itu, ilmu sosial harus bisa mengiringi perkembangan teknologi informasi dan digital. Terakhir, ilmu sosial harus mengejar ketertinggalannya. 

"Nanti, kita akan menerapkan penelitian di daerah-daerah berdasarkan letak geografisnya. Teori-teori makro dan riset-riset yang lebih bersifat parsial dan khas untuk mengangkat serta mengaktualisasikan keanekaragaman," papar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud).

Mendikbud menambahkan ilmu sosial harus berpihak pada kepentingan tertentu yakni kepentingan negara. "Kalau dulu zaman kolonial, ilmu-ilmu seperti ini digunakan untuk kepentingan penjajah, maka sekarang digunakan untuk kepentingan negara," imbuh dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement