Sunday, 20 Jumadil Akhir 1443 / 23 January 2022

Serikat Pekerja Nigeria Bangun Masjid untuk Masyarakat Lagos

Rabu 11 Apr 2018 12:07 WIB

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ani Nursalikah

Muslim Nigeria

Muslim Nigeria

Masjid dibangun untuk mengenang anggota serikat yang meninggal.

REPUBLIKA.CO.ID, LAGOS -- Ketua Serikat Pekerja Angkutan Jalan Nasional (NURTW) di Pulau Lagos, Alhaji Abdul Azeez Adekunle Lawal, meresmikan Masjid Naira Juma'at yang dibangun untuk masyarakat di Apogbon, Nigeria. Abdul Azeez mengatakan, gerakan donasi masjid tersebut dilakukan untuk mengenang anggota kawan setia mereka, Alhaji Abdul Ganiyu Ayinla yang meninggal baru-baru ini.

Dilansir di The Nation Nigeria, Rabu (11/4), masjid itu juga sebagai bagian dari kegiatan menandai ulang tahun kelahirannya. Dia mengatakan, masjid tersebut akan menjadi tempat ibadah bagi umat Islam di daerah itu dan mengingat pekerjaan baik  rekannya yang dipandang rajin dan berkomitmen.

Abdul Azeez juga mengatakan Tuhan telah membantu seseorang untuk menyadari potensi dalam hidupnya. Bahkan, saat ia mengimbau ulama Islam yang hadir di acara itu untuk berdo'a bagi jiwa almarhum Ayinla dan juga meminta kepada Allah agar senantiasa memberikan istri, anak-anaknya dan seluruh keluarganya ketabahan untuk menanggung kerugian yang tak dapat diperbaiki.

Setelah memimpin shalat Jumat di masjid baru tersebut, Ketua Missioner Kelompok Ibadah Internasional Hisbunallahi dari Nigeria, Alhaji Surajudeen Akanni Asukuna, memuji Abdul Azeez atas langkah dan kontribusinya untuk proklamasi Islam. Dia berdoa Allah menghadiahinya dengan balasan kebaikan yang berlimpah.

Asukuna menggambarkannya sebagai seorang filantropis besar yang telah membantu orang, terutama orang-orang yang tertindas. Ia menambahkan sumbangan masjid adalah manifestasi dari cintanya kepada Allah dan ciptaan-Nya. Dia mengatakan, Allah akan terus memberkahi dia dan keluarganya ketika orang-orang terus beribadah di masjid tersebut.

Asukuni lantas mengimbau para pengikutnya dan anggota serikat lainnya meniru semangat Abdul Azeez dalam menjalankan kehendak Tuhan, memproklamasikan firman-Nya, mendukung perintah-Nya, menghindari premanisme dan segala bentuk kriminalitas. Beberapa cendekiawan Islam dan jamaah mengatakan ibadah amal Abdul Azeez telah mengembangkan semangat untuk mendukung orang-orang yang membutuhkan, anak-anak sekolah, janda dan panti asuhan.

Mereka mengucapkan selamat ulang tahun dan berdoa Allah memberkahinya. Dalam kesempatan itu, sejumlah kalangan hadir di antaranya para pendukung politik, pimpinan industri, kepala-kepala NURTW di seluruh Nigeria, dan pedagang pasar pria dan wanita.

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA