Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Unisba Lantik Puluhan Pejabat Struktural

Sabtu 07 Apr 2018 00:07 WIB

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Esthi Maharani

Unisba

Unisba

Pendirian satuan baru yakni LSPU, harus dikembangkan oleh universitas.

REPUBLIKA.CO.ID,  bandung -- Untuk menguatkan pelayanan akademik terhadap para mahasiswanya, Universitas Islam Bandung ( unisba ) melantik 36 orang pejabat struktural baru di lingkungan fakultas dan universitas. Menurut Rektor Unisba, Edi Setiadi, para pejabat tersebut meliputi Ketua Lembaga Profesi Universitas (LPSU), wakil dekan tiga Bidang Kemahasiswaan dan Ruhudin, ketua bagian, ketua program studi (prodi), dan sekertaris fakultas.

Edi mengatakan, pendirian satuan baru yakni LSPU, harus dikembangkan oleh universitas. Karena, melalui lembaga ini, para mahasiswa akan mendapatkan pembekalan kompetensi yang tidak hanya berasal di dalam ruang kuliah. Tetapi juga kompetensi tertentu, dengan standar yang berbeda-beda dari fakultas satu dan lainnya.

Edi pun optimis, selama empat tahun kedepan, seluruh prodi yang berjumlah 21 unit di Unisba ini, sudah dapat melaksanakan uji kompetensi. Sehingga saat para mahasiswa lulus, mereka akan mendapatkan beberapa dokumen penting, diantaranya ijazah, surat keterangan pendamping ijazah, dan sertifikasi profesi masing-masing. Ia menargetkan selama masa periode kepemimpinan ini, empat tahun kedepan mereka sudah bisa melakukan sertifikasi profesi bagi prodi masing-masing.

"Karena hingga saat ini baru tiga fakultas yang sudah siap melakukan uji kompetensi, yaitu Ilmu Komunikasi, Ekonomi, dan Teknik," ujar Edi usai acara pelantikan di Aula Fakultas Kedokteran Unisba, Jalan Tamansari, Bandung, Kamis (5/4).

Saat ditanya mengenai kendala yang dihadapi para prodi dalam mendapatkan sertifikasi profesinya selama ini, Edi mengatakan, terdapat beberapa faktor penyebab diantaranya, tenaga para assesor yang belum terdidik atau terlatih melalui Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), dan sejumlah rumusan rancangan sertifikasi fakultas yang belum siap.

"Dengan adanya lembaga baru ini, saya berharap semua kendala tersebut bisa segera teratasi seiring berjalannya waktu," katanya.

Edi mengatakan, pihaknya juga melakukan pengangkatan pejabat wakil dekan tiga terhadap beberapa fakultas yang memiliki jumlah mahasiswa yang cukup besar, seperti Hukum,Psikologi, Ilmu Komunikasi, Teknik, Kedokteran, MIPA, dan Syariah.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA