Senin, 22 Safar 1441 / 21 Oktober 2019

Senin, 22 Safar 1441 / 21 Oktober 2019

Unissula Resmi Membuka Prodi S-1 Kebidanan

Kamis 05 Apr 2018 14:43 WIB

Rep: bowo pribadi/ Red: Esthi Maharani

Kampus Unissula.

Kampus Unissula.

Foto: Dokumen
Penerimaan mahasiswa baru mulai April 2018

REPUBLIKA.CO.ID,  SEMARANG -- Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang kini resmi membuka Program Studi (Prodi) S-1 Kebidanan serta Profesi Bidan. Berdasarkan kalender akademik Unissula, Prodi S-1 Kebidanan tersebut sudah membuka penerimaan mahasiswa baru untuk tahun akademik 2018/ 2019 mulai April 2018 ini.

Kepala Prodi Kebidanan Unissula, Endang Surani, SSiT, MKes., mengatakan, kepastian dibukanya prodi baru ini sebelumnya telah ditandai dengan diterimanya izin operasional dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), per tanggal 19 Maret 2018. Izin operasional Prodi S-1 Kebidanan ini diserahkan langsung oleh Koordinator Kopertis VI, Prof DYP Sugiharto, MPd., Kons., kepada Rektor Unissula, Ir. Prabowo Setiyawan, MT., PhD.

Endang juga menyampaikan, ada banyak keunggulan S-1 Kebidanan Unissula, antara lain, kurikulum sesuai Standar Nasional Pendidikan Tinggi dengan metode pembelajaran problem base learning full integrated.

Selain itu, prodi tersebut juga menggunakan spesifikasi small grup discussion serta didukung oleh laboratorium yang berstandar objective structured clinical examination (OSCE) nasional.

Keunggulan lainnya adalah juga didukung fasilitas rumah sakit pendidikan mandiri, yakni Rumah Sakit Islam Sultan Agung dan Rumah Sakit Islam Gigi Mulut terakreditasi A. Rumah sakit tersebut juga rumah sakit syariah pertama di Indonesia dengan jaringan 12 rumah sakit di berbagai daerah.

"Nantinya, mahasiswa yang kuliah di S-1 Kebidanan akan memperoleh gelar sarjana terapan bidan (STr Keb.) yang dapat ditempuh selama empat tahun, sedangkan pendidikan profesi bidan akan memperoleh gelar Bdn. yang dapat ditempuh selama satu tahun," katanya menjelaskan.

Menurut Endang, dibukanya Prodi S-1 Kebidanan ini merupakan salah satu ikhtiar Unissula dalam mempersiapkan sumber daya insani yang kompeten untuk menjawab tantangan zaman, khususnya dalam hal kebutuhan tenaga kesehatan. Dibukanya Prodi S-1 Kebidanan dan Profesi Bidan tersebut juga akan makin memperkuat prodi- prodi kesehatan yang selama ini sudah ada di Unissula.

"Prodi tersebut meliputi Prodi Kedokteran Umum, Kedokteran Gigi, Farmasi, D-3 Kebidanan, D-3 Keperawatan, dan S-1Keperawatan sehingga Unissula juga semakin memberikan banyak banyak pilihan bagi calon mahasiswa yang berminat pada prodi kesehatan," katanya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA