Selasa 03 Apr 2018 16:25 WIB

Korsel dan Korut Rencana Defile Bersama di Asian Games 2018

Atlet kedua negara sudah berparade bersama pada Olimpiade Musim Dingin di Pyeongchang

Cheerleader Korea Utara memegang bendera unifikasi Korea dalam latihan seremoni pembukaan Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang, Korea Selatan, Februari lalu.
Foto: EPA-EFE/VASSIL DONEV
Cheerleader Korea Utara memegang bendera unifikasi Korea dalam latihan seremoni pembukaan Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang, Korea Selatan, Februari lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Menteri-menteri dari Korea Selatan dan Korea Utara mendukung rencana defile kontingen bersama kedua negara pada acara pembukaan Asian Games 2018 di Jakarta Agustus mendatang. Kabar ini disampaikan kantor berita Yonhap, Selasa (3/4).

Dalam sebuah pertemuan di Pyongyang, Senin (2/4), pejabat Korut Kim Il-guk dan pejabat Korsel Do Jong-wan mendiskusikan kerja sama olahraga kedua negara. Ini seiring makin mencairnya ketegangan di Semenanjung Korea terkait program nuklir Korut.

Para atlet kedua negara sudah berparade bersama pada Olimpiade Musim Dingin di Pyeongchang, Korsel, Februari lalu. Mereka optimistis kolaborasi serupa juga akan terlaksana pada Asian Games ke-18 di Jakarta dan Palembang, Agustus-September ini.

Menurut Yonhap, para menteri tersebut akan menyelesaikan rincian rencana setelah pertemuan puncak dua Korea akhir April mendatang.

"Akan bagus jika kami sudah berdiskusi dan memulai kerja untuk menetapkan hal yang spesifik setelah pertemuan puncak akhir April. Saya harap olahraga dapat menjadi jalan untuk rekonsiliasi antarKorea," kata Do.

Delegasi Korea Selatan berkunjung ke Pyongyang, Sabtu lalu sebagai balasan. Sebelumnya, delegasi budaya Korut mengirim para seniman untuk pertunjukan Olimpiade Musim Dingin 2018.

Di Pyongyang, delegasi Korsel menampilkan atraksi taekwondo, bintang-bintang K-pop, termasuk Red Velvet.

Dua negara bertetangga itu secara teknis masih dalam status masih berperang sejak konflik tahun 1950-1953.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement