Sunday, 8 Syawwal 1441 / 31 May 2020

Sunday, 8 Syawwal 1441 / 31 May 2020

Kawasan Gajah Mengamuk di Aceh, 1 Hektare Sawah Rusak

Senin 02 Apr 2018 22:22 WIB

Red: Hazliansyah

 Kawanan gajah liar memasuki kawasan perkebunan kelapa sawit di Desa Seumanah Jaya, Kecamatan Rantoe Peureulak, Aceh Timur, Aceh, Kamis (19/11). (Antara/Syifa Yulinnas)

Kawanan gajah liar memasuki kawasan perkebunan kelapa sawit di Desa Seumanah Jaya, Kecamatan Rantoe Peureulak, Aceh Timur, Aceh, Kamis (19/11). (Antara/Syifa Yulinnas)

Tanaman padi yang siap panen rusak

REPUBLIKA.CO.ID, MEULABOH, ACEH -- Kawanan satwa gajah Sumatera mengamuk hingga menyebabkan kerusakan satu hektare tanaman padi siap panen di kawasan Desa Sumber Batu, Kecamatan Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh.

"Kawanan gajah liar mengobrak-abrik area tanaman sudah sejak Selasa (27/3) malam lalu, saat baru memulai panen raya. Sehari kami panen, baru potong, besok pagi pergi ke sawah, sudah habis padinya," kata Careh, seorang petani di Meulaboh, Senin.

Diperkirakan sekitar satu hektare area tanaman padinya hancur dan porak-poranda. Dia sudah melaporkan kepada pemerintah desa untuk kemudian disampaikan kepada pihak terkait, seperti Balai Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA) Aceh.

Careh mengatakan, perwakilan tim BKSDA Aceh telah tiba dan berupaya mengusir satwa dilindungi tersebut. Kemudian tim telah berhasil mengusir kawanan gajah dengan petasan (mercon).

Tanaman padi yang dimakan dan dirusak kawanan gajah merupakan padi atau gabah yang sudah dipanen serta tanaman padi yang telah menguning di area sawah. Kerugian material diperkirakan mencapai jutaan rupiah.

"Padi yang habis dimakan merupakan gabah yang baru selesai dipotong serta juga tanaman padi yang siap panen, menguning. Sehektare lebih juga yang diobrak-abrik gajah. Rugi saya," katanya.

Sementara itu Camat Meureubo, Hasmi Zuandi yang dikonfirmasi membenarkan bahwa ada sekitar satu hektare tanaman padi di sawah petani Desa Sumber Batu, diobrak-abrik kawanan gajah liar yang turun ke permukiman.

"Namun kini kawanan gajah liar telah berhasil diusir oleh tim BKSDA dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Aceh Barat. Gajah sementara ini telah lari setelah dikejutkan dengan ledakan mercon," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA