Senin, 30 Jumadil Akhir 1441 / 24 Februari 2020

Senin, 30 Jumadil Akhir 1441 / 24 Februari 2020

Menhub: KA Bandara Siap Beroperasi Awal 2019

Ahad 01 Apr 2018 21:16 WIB

Red: Citra Listya Rini

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi.

Foto: Republika/Rahayu Subekti
Proses pembangunan KA bandara diprediksi selesai akhir tahun ini.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO  -- Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi optimistis kereta api (KA) bandara akan beroperasi awal tahun 2019 seiring dengan berjalannya proses pengerjaan.

"Saya datang ke Solo untuk memastikan pengerjaan terminal, stasiun, proyek bandara berjalan baik," katanya di Solo, Ahad (1/4).

Budi mengatakan, semestinya proses pembangunan KA bandara selesai akhir tahun ini sehingga awal tahun depan sudah mulai beroperasi.

"Target kami tahun ini memang tahun penyelesaian, termasuk penyelesaian dengan pemilik tanah. Harapannya ada win-win solution," kata Budi.

Budi mengatakan, saat ini proses penyelesaian dengan pemilik tanah atau pembebasan lahan sudah mencapai 90 persen sehingga diharapkan pembangunan dapat selesai tepat waktu.

Sementara itu, Project Director Daop VI Yogyakarta Yurish Wibawa mengatakan nantinya jalur kereta bandara tersebut akan di empat Kereta Rel Diesel Elektrik. Ia mengatakan, untuk masing-masing kereta terdiri dari empat gerbong.

"Kereta ini mampu menampung 393-492 penumpang untuk kapasitas maksimum. Kalau untuk kapasitas normalnya rata-rata 200 penumpang," kata Yurish.

Yurish menambahkan, untuk relasi KA bandara ini yaitu dari Bandara Adi Soemarmo-Stasiun Solo Balapan-Bandara Adisucipto- Stasiun Tugu Yogyakarta.

Ia mengatakan untuk jadwal perjalanan hingga saat ini masih dikaji sambil menunggu kebutuhan masyarakat.


sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA