Selasa 27 Mar 2018 15:57 WIB

Pelatih Spanyol Minta Para Kiper Terbiasa dengan Bola Baru

Minimnya daya cengkram dan pergerakan liar saat di udara membuat bola ini dikritik.

David De Gea dengan bola Adidas Telstar 18
Foto: EPA-EFE/RONALD WITTEK
David De Gea dengan bola Adidas Telstar 18

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Pelatih timnas Spanyol Julen Lopetegui mengatakan, para kiper harus terbiasa dengan bola Piala Dunia 2018 sebelum turnamen itu dimulai pada Juni, ketimbang mengeluhkan tentang bola itu. Ini menyusul kritik yang dilontarkan kiper Jerman Marc-Andre ter Stegen dan kiper Spanyol Pepe Reina serta David de Gea.

"Saya tahu apa yang para pemain sampaikan kepada saya, namun itulah bola yang akan digunakan dan apapun itu, semata-mata hanya menginjak kaki Anda dan menimbulkan kehebohan," kata Lopetegui yang merupakan mantan kiper Barcelona dan Real Madrid, Senin (26/1). "Apa yang perlu kami lakukan adalah mengambil hal-hal positif, menbiasakannya, dan tidak ada yang lain."

Tim-tim nasional menggunakan Adidas Telstar 18 untuk pertama kalinya pada pertandingan-pertandingan internasional terbaru. Minimnya daya cengkram dan pergerakan yang liar saat di udara telah membuat bola ini mendapat banyak kritik.

Kiper Napoli Reina yang kemungkinan akan masuk skuat Spanyol untuk putaran final di Rusia, tidak senang dengan bola ini. "Masih ada waktu untuk menggantinya, bahkan sebelum ajang ini dimulai," kata dia kepada Diario AS. "Saya bertaruh kepada Anda bahwa setidaknya akan ada 35 gol yang tercipta dari jarak jauh, karena mustahil untuk mengantisipasinya, belum lagi menyebutkan bahwa (bola) ini dilapisi dengan plastik film yang menyulitkan untuk digenggam."

Media lokal melaporkan pandangan serupa dari kiper-kiper lain di timnas Spanyol, David de Gea dan Kepa Arrizabalaga. Penyerang Jerman Thomas Mueller mencetak gol saat melawan Spanyol pada Jumat lalu, dengan sepakan jarak jauh yang terlihat mengecoh upaya De Gea, sedangkan kiper Jerman Ter Stegen menyebut Telstar sebagai 'bola yang rumit'.

"Bahkan meski bola tidak selalu salah, memang benar bahwa yang satu ini sedikit rumit. Anda dapat melihat gol yang kami cetak. (Bola) itu banyak bergerak dan semestinya dapat lebih baik lagi," kata Ter Stegen. "Kami tidak memiliki opsi lain selain membiasakan diri."

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement