Tuesday, 1 Rajab 1441 / 25 February 2020

Tuesday, 1 Rajab 1441 / 25 February 2020

Bank Danamon Jalin Kerja Sama Penjualan Tiket Kereta Bandara

Senin 26 Mar 2018 17:55 WIB

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Gita Amanda

Kereta bandara melintas saat uji coba Kereta Bandara Soekarno-Hatta di Stasiun Sudirman Baru, Jakarta, Selasa (26/12).

Kereta bandara melintas saat uji coba Kereta Bandara Soekarno-Hatta di Stasiun Sudirman Baru, Jakarta, Selasa (26/12).

Foto: Republika/Mahmud Muhyidin
Pembelian tiket KA Bandara dapat dilakukan melalui aplikasi mobile banking Danamon.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Bank Danamon) bekerja sama dengan PT Railink, anak perusahaan dari PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan PT Angkasa Pura II (Persero), yang merupakan pengelola Kereta Api (KA) Bandara. Melalui kerja sama ini pembelian tiket Kereta Api Bandara dari dan ke Bandara Internasional Soekarno Hatta dapat dilakukan non-tunai melalui layanan perbankan digital Bank Danamon, yaitu aplikasi mobile banking D-Mobile dan Danamon Online Banking.

"Sinergi ini mengedepankan dukungan layanan perbankan dalam meningkatkan kesadaran penggunaan fasilitas transportasi umum secara non-tunai," kata Michellina Triwardhany, Wakil Direktur Utama Bank Danamon dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Senin (26/3).

Menurut Dinas Perhubungan DKI Jakarta, jumlah penggunaan transportasi publik di Jakarta hanya baru di sekitar 12-15 persen dari total penduduk provinsi. Sementara menurut data Bank Indonesia, penggunaan pembayaran non-tunai di Indonesia juga masih relatif rendah, di mana penggunaan kartu kredit berada pada tingkat dua persen dan kartu debit pada tingkat delapan persen.

KA Bandara Soekarno-Hatta melayani penumpang dari dan menuju Bandara Soekarno-Hatta di pemberhentian Stasiun BNI City di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat, dan Stasiun Batu Ceper, Tangerang, dengan waktu tempuh 55 menit. Dalam waktu dekat, waktu tempuhnya akan dipersingkat lagi menjadi 40 menit, dan rute layanannya diperpanjang hingga ke Bekasi.

PT Railink, sebagai penyedia jasa transportasi kereta api bandara sejak 2013, selain itu juga membangun dan menyiapkan Airport Railway Ticketing System (ARTS) sebagai penunjang operasional KA Bandara Soekarno-Hatta, dengan penerapan pembayaran non-tunai (cashless), serta kemudahan-kemudahan untuk mendapatkan tiketnya melalui internet booking (ibook) dan aplikasi mobile (mobile apps). Selain itu juga tersedia mesin otomatis penyedia tiket (vending machine) di stasiun-stasiunnya.

Dalam hal ini PT Railink dan Bank Danamon, bersama dengan beberapa bank nasional lainnya, berkolaborasi bersama untuk mewujudkan layanan kepada masyarakat pengguna KA Bandara Soekarno-Hatta. Kerja sama melalui sistem pembayaran yang memungkinkan transaksi dengan menggunakan kartu kredit, kartu debit, kartu prepaid, e-commerce serta online payment lainnya.

Dengan kerja sama ini, pembelian tiket Kereta Api Bandara dapat dilakukan melalui aplikasi mobile banking Bank Danamon yaitu D-Mobile serta di Danamon Online Banking. Selain kerja sama dalam metode pembayaran, Bank Danamon juga menggunakan ruang publik pada sarana Kereta Api Bandara, seperti gerbong dan stasiun, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat atas produk dan layanan perbankan.

Fasilitas transportasi publik memberikan kesempatan yang baik untuk perkenalan sekaligus edukasi kepada masyarakat luas tentang layanan perbankan. "Harapan kami, wawasan tersebut pada akhirnya akan berdampak positif terhadap industri transportasi serta perbankan di Indonesia," tambah Michellina.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA