Wednesday, 26 Rabiul Akhir 1443 / 01 December 2021

Wednesday, 26 Rabiul Akhir 1443 / 01 December 2021

6 Hotel Ramah Wisatawan Muslim Jadi Pilihan Saat Nyepi

Jumat 16 Mar 2018 08:46 WIB

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Dwi Murdaningsih

Foto perbandingan suasana Pantai Kuta saat dipadati wisatawan dan kondisi Pantai Kuta yang lengang tanpa aktivitas wisatawan saat Hari Raya Nyepi di Kuta, Bali, Selasa (28/3).

Foto perbandingan suasana Pantai Kuta saat dipadati wisatawan dan kondisi Pantai Kuta yang lengang tanpa aktivitas wisatawan saat Hari Raya Nyepi di Kuta, Bali, Selasa (28/3).

Foto: Antara
Banyak turis asing, wisatawan lokal, tak terkecuali Muslim ingin menikmati harmoninya

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Hari Raya Nyepi tahun ini jatuh pada 17 Maret 2018. Bali yang biasanya disibukkan lalu lalang turis domestik dan mancanegara beristirahat sejenak dari segala bentuk aktivitas duniawi.

Nyepi memang ibadah umat Hindu, namun hakikatnya bisa dirasakan semua orang terlepas apapun agamanya. Banyak turis asing, wisatawan lokal, tak terkecuali Muslim ingin menikmati harmoninya.

Pulau Dewata memang dihuni mayoritas Hindu. Namun demikian, Bali memiliki sejumlah hotel ramah wisatawan Muslim. Berikut setidaknya enam halal hotel yang bisa menjadi pilihan wisatawan Muslim saat melewati Nyepi di Bali.

Rhadana Hotel Kuta
Rhadana Hotel Kuta adalah Hotel Keluarga Ramah Wisatawan Muslim Terbaik di ajang World Halal Tourism 2016. Selain bernuansa modern dan Islami, fasilitasnya juga lengkap. Bali memiliki lebih dari tiga ribu penginapan, namun hotel dengan konsep tematik bisa dihitung jari.

Rhadana memiliki 74 kamar dengan desain tematik, berbeda antara satu kamar dengan kamar lainnya. Ada kamar bertemakan musik, seperti Bob Marley dan The Beatles. Ada juga kamar bernuansa transportasi, seperti kereta api, kapal laut, pesawat terbang.

Hotel ini bersertifikasi halal Majelis Ulama Indonesia (MUI). Setiap kamarnya menyediakan fasilitas ibadah lengkap, bersih, dan wangi bagi tamu Muslim, mulai dari mukena, sarung, sajadah, dan Alquran terjemahan dalam tiga bahasa, Arab, Indonesia, dan Inggris. Ingin lebih khusyuk? Anda bisa datang ke Mushola Rhadana untuk mengaji, berdzikir, atau shalat berjamah dengan tamu Muslim lainnya.

Mushola sederhana ini didesain indah. Wallpaper kabah nan megah terpampang di dinding sebagai penanda kiblat menambah kemewahan hotel ini.

Nusa Dua Beach Hotel & Spa
Bagi Anda yang bingung memilih hotel halal bintang lima, Nusa Dua Beach Hotel & Spa bisa menjadi pilihan. Hotel ini menjadi salah satu hotel perintis sebelum Kawasan Pariwisata Nusa Dua berkembang pesat seperti sekarang. Nusa Dua Beach Hotel & Spa menjadi salah satu hotel bintang lima di Bali yang restorannya sudah mengantongi sertifikat halal dari MUI.

Restorannya bernama Rajas Balinese Cuisine, dengan pemandangan langsung ke pantai. Sajian masakannya khas Bali, namun halal. Pemiliknya adalah Sultan Brunei.

Wina Holiday Villa Kuta
Dekorasi dan perabot hotel ini bergaya Bali klasik. Restorannya, The Lagenda Malaysian Food menyajikan menu-menu halal berkelas internasional yang juga telah disertifikasi MUI.

Bayt Kaboki Hotel
Hotel halal ini berlokasi hanya 15 menit dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. Hotel ini melarang tamu untuk membawa segala jenis minuman beralkohol, juga telah mengantongi sertifikat halal dari MUI.

Grand Shanti Hotel
Wisatawan yang ingin mengeksplorasi Kota Denpasar, Sanur, dan sekitarnya bisa menginap di hotel ini. Letaknya tepat di tengah ibu kota Provinsi Bali dan sudah dilabeli halal oleh MUI. Jika ingin menuju pusat perbelanjaan, Anda cukup berjalan kaki dari hotel.

Aston Hotel Denpasar
Anda yang ingin menghabiskan wisata di Seminyak dan sekitarnya, namun tetap ingin menginap di halal hotel, maka Aston Hotel Denpasar menjadi pilihan terbaik. Restoran Jempiring milik hotel ini telah disertifikasi halal oleh MUI.

Selain hotel-hotel bersertifikat halal di atas, ada juga hotel ramah wisatawan Muslim lainnya di Bali yang kehalalannya digaransi pihak manajemen hotel, seperti Harris Hotel & Residence, Favehotel, The Trans Resort Bali, Grand Inna Kuta, dan Kutabex Beach Front Hotel. Tidak ada sajian menu-menu haram, khususnya yang mengandung babi di hotel ini.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA