Tuesday, 1 Ramadhan 1442 / 13 April 2021

Tuesday, 1 Ramadhan 1442 / 13 April 2021

Dude Harlino Ingin Ciptakan Masyarakat Sadar Wisata

Kamis 15 Mar 2018 15:06 WIB

Red: Winda Destiana Putri

Dude Harlino Ingin Ciptakan Masyarakat Sadar Wisata

Dude Harlino Ingin Ciptakan Masyarakat Sadar Wisata

Foto: Dok: Istimewa
Duta Nantigo juga berkesempatan untuk syuting di lokasi-lokasi wisata yang ada.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kesibukan Dude Harlino untuk berkontribusi lebih besar di tanah kelahirannya, Padang, Sumatera Barat terus berlanjut. Setelah membuka pendaftaran pada bulan Desember 2017 hingga Januari 2018, terdata kurang lebih 800 anak muda berdarah Minang yang tertarik dan mendaftarkan diri untuk mengikuti Pemilihan Duta Nantigo yang diadakan Dude Harlino selaku owner dari outlet oleh-oleh Lapis Minang Nantigo.

Peserta tidak hanya berdomisili di Kota Padang atau wilayah Sumatera Barat, tapi juga yang sedang melanjutkan studi atau bekerja di luar Sumatera Barat, antusias untuk mengikuti ajang pemilihan tersebut.

 "Luar biasa sekali ya. Pendaftarnya banyak dan bagus-bagus semua. Lumayan pusing saat harus menyeleksi. Sampai akhirnya, kita sudah menyisakan 100 orang yang akan bersaing pada audisi langsung pada malam pemilihan Duta Nantigo nanti," ujar suami dari artis Alyssa Soebandono ini dalam keterangan resmi Kamis (15/3).

"Sisi penilaiannya jelas ya, dari penampilan, keterampilan minat dan bakatnya, wawasan peserta mengenai pariwisata Sumatra Barat serta adat istiadat dan juga budaya yang ada. Attitude, kesantunan, keramahan dan hal positif lainnya yang menjadi penilaian saya serta tim," kata dia menambahkan.

Setelah terpilih dan mendapatkan gelar Duta Nantigo, menurut Dude, nantinya akan bertugas sebagai perpanjangan tangan Dude yang akan mempromosikan wisata dan budaya Minang melalui video-video yang mengekspos keindahan alam, keunikan budaya, kelezatan makanan, dan kesantunan masyarakat Minang. Duta Nantigo juga berkesempatan untuk syuting di lokasi-lokasi wisata yang ada di Sumatera Barat bersama Dude Harlino.

"Kita ingin anak muda Minangkabau yang bertalenta dan memiliki passion di bidang pariwisata mewakili masyarakat Minang untuk menunjukkan pesona Sumatera Barat, sehingga orang-orang di luar daerah Sumatra Barat lebih mengenal Ranah Minang," harap Dude.

Dengan adanya Duta Nantigo, ditambahkan Dude, masyarakat luas akan melihat langsung keindahan yang ada di Minangkabau melalui video. Dengan begitu, ketertarikan untuk melihat langsung sudah pasti ada sehingga pariwisata Sumatera Barat menjadi lebih populer dan bisa dikembangkan lagi.

Duta Nantigo juga akan mempromosikan wisata Sumatera Barat, yang diharapkan mampu menjadi sarana untuk mewujudkan masyarakat sadar wisata dan berjalannya konsep Sapta Pesona yang meliputi keamanan, ketertiban, kebersihan, kesejukan, keindahan, dan kenangan.

 "Jika masyarakat sudah sadar  wisata, maka mereka akan mampu menjaga keamanan, ketertiban, dan kebersihan di lingkungan wisata yang akan memberikan kesejukan serta keindahan pada wisatawan yang berkunjung, sehingga tercipta kenangan yang manis dan tak terlupakan mengenai Sumatra Barat," Papar Dude tersenyum.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA