Kamis 15 Mar 2018 12:07 WIB

Asian Games 1982, Awal Cina Jadi Kiblat Olahraga Asia (3)

Christian Hadinata yang selalu menjadi andalan mencapai puncak penampilan.

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Endro Yuwanto
Asian Games 1982 Delhi India
Foto: ocasia.org
Asian Games 1982 Delhi India

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sepanjang gelaran Asian Games 1982, kontingen Indonesia mendulang empat emas, empat perak, dan tujuh perunggu. Dua olahraga raket, yakni badminton dan tenis jadi penyumbang medali emas masing-masing sepasang. Untuk perak, tiga disumbang badminton dan satu dari memanah.

Adapun tujuh perunggu disumbang oleh renang dan angkat besi. Enam dari renang dan satu dari angkat besi.

Asian Games 1982 menjadi salah satu akhir dari puncak prestasi bulu tangkis Indonesia. Dalam dua Asian Games berikutnya, 1986 dan 1990, badminton Indonesia tak mampu memberikan medali emas.

photo
Christian Hadinata

Di Asian Games 1982, legenda bulu tangkis Indonesia, Christian Hadinata yang selalu jadi andalan dalam dua gelaran sebelumnya mencapai puncak penampilannya. Christian menyumbang emas di nomor ganda putra bersama Icuk Sugiarto dan di nomor ganda campuran dengan Ivana Lie.

Itu jadi catatan terakhir emas Christian di ajang Asian Games selama kariernya. Sampai saat ini, nama Christian Hadinata terus dikenang sebagai legenda bulu tangkis Indonesia. Sosoknya masih aktif di dunia raket dan cock sebagai pencari bakat atlet-atlet muda serta pelatih di PB Djarum.

 

BACA JUGA: Asian Games 1982, Awal Cina Jadi Kiblat Olahraga Asia (2)

sumber : Topendsports, Reuters, Britannica, OCA web, Asian Games web, Wikipedia
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement