Friday, 10 Syawwal 1445 / 19 April 2024

Friday, 10 Syawwal 1445 / 19 April 2024

Zulkifli Hasan: Alm Benyamin S Sosok Komedian Berkarakter

Rabu 14 Mar 2018 08:23 WIB

Rep: Amri Amrullah/ Red: Dwi Murdaningsih

Ketua MPR Zulkifli Hasan nonton bareng film Benyamin Biang Kerok bersama para komedian.

Ketua MPR Zulkifli Hasan nonton bareng film Benyamin Biang Kerok bersama para komedian.

Foto: mpr
Benyamin adalah seorang budayawan yang memahami bangsanya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua MPR Zulkifli Hasan mengungkapkan apresiasi tinggi atas kiprah seniman Betawi, Almarhum Benyamin Sueb di dunia perfilman. Bagi Zulkifli Hasan, Almarhum Benyamin Sueb bukan hanya sosok komedian. Lebih dari itu Benyamin adalah seorang budayawan yang memahami bangsanya.

"Karena itu saya bersyukur hari ini bisa kumpul bareng komedian junior dan senior untuk mengapresiasi teladan kita semua Almarhum Benyamin," ujar Zulkifli Hasan saat menggelar acara temu bareng komedian sekaligus nonton bareng Film 'Benyamin Biang Kerok', Selasa (13/3) di Plaza Senayan Jakarta.

Hadir dalam acara tersebut antara lain sutradara Benyamin Biang Kerok Raffi Ahmad, Ruben Onsu Tukul Arwana, Tarzan, Kadir, Miing, Narji, Mosidik, Jessica Iskandar, Vega Darwanti, Ayu Ting Ting, Eko Patrio, Polo, Jarwo, Mo Siddik, Cici Tegal, dan sederet komedian lainnya.

Berbicara soal sosok Benyamin Sueb, pria yang akrab disapa Zulhasan ini mengungkapkan bahwa sosok Bang Ben adalah sosok yang sangat paham budayanya kuat sekali, mengerti siapa dirinya paham darimana dia berasal. Rasa kedaerahannya sangat kuat dan itu bukan saja boleh tapi harus.

"Karakter Benyamin itu bisa menjadi teladan disaat sebagian generasi muda sekarang tidak lagi mengenal budayanya, tidak memahami filosofi darimana dia berasal, nah kalau kampung halamannya saja tidak perduli apalagi bangsanya. Intinya disitu," katanya.

Zulhasan menegaskan jika hal tersebut tidak segera disadari maka anak-anak muda kita kalau jauh dari budayanya, jauh dari akar darimana dia berasal maka karakternya menjadi rapuh sehingga nilai-nilai lain yang merusak mudah sekali masuk karema labil seperti menggunakan narkoba, terpengaruh radikalisme. pergaulan bebas.

"Untuk itulah teladan menjadi sangat penting. Dan Bang Ben adalah salah satu sosol teladan itu terutama dalam hal kekuatam budaya dan daerah," kata dia.

Sutradara Film Benyamin Biang Kerok Hanung Bramantyo menyampaikan terima kasih atas apresiasi Ketua MPR untuk karyanya Benyamin Biang Kerok.

"Semoga film ini bisa mengingatkan lagi sosok Bang Benyamin yang istimewa dan jadi teladan kita semua," imbuh Hanung.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler