Selasa 13 Mar 2018 13:07 WIB

Bayar Bahan Bakar akan Gunakan Layar Sentuh pada Mobil

Saat ini periset sedang mengerjakan pembangunan pompa gas yang terhubung internet.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Winda Destiana Putri
Kendaraan isi bahan bakar. Ilustrasi
Foto: Digitaltrends
Kendaraan isi bahan bakar. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Biasanya saat mengisi bahan bakar, seseorang akan dihadapkan dengan pilihan membayar melaui dompet dengan tunai atau kartu kredit. Nantinya akan ada cara pembayaran lainnya, cukup dengan menggunakan layar sentuh pada kendaraan.

Saat ini periset sedang mengerjakan pembangunan pompa gas yang terhubung dengan internet. Ke depan para pengendara akan membayar pengisian tangki bensin dengan menggunakan layar sentuh mobil.

Idenya relatif mudah diimplementasikan karena mengandalkan teknologi yang sudah ada. Jaguar dan Shell baru-baru ini menunjukkan bagaimana menerapkannya bersama-sama, meski dalam skala yang jauh lebih kecil.

Semuanya berawal dari layar sentuh yang tertanam di dasbor sebagian besar mobil, dan truk baru. Bagian kedua dari proyek ini melibatkan penambahan pompa gas ke jaringan Internet of Things (IoT) yang berkembang dari benda terhubung, saat ini berkisar dari gelombang mikro hingga ban.

Bagian ketiga memerlukan pengaturan koneksi pembayaran mobile antara mobil dan pompa. Ini bisa dilakukan melalui PayPal, Apple Pay, Android Pay, atau layanan serupa.

Dalam website Mobile Payments Today, yang dilansir dari laman Digital Trends Selasa (13/3), menjelaskan satu cara untuk menghadirkan teknologi ini bersama-sama. Pengemudi akan naik ke pompa bensin seperti yang mereka lakukan hari ini, pilih jenis bahan bakar mobilnya, dan mengisi tangki secara manual.

Sejauh ini bagus. Sebagai gantinya membayar dengan uang tunai atau kartu kredit, kemudian pengguna akan menggunakan sebuah aplikasi yang dimasukkan ke dalam sistem infotainment mobil untuk membayar secara langsung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement