Monday, 17 Muharram 1444 / 15 August 2022

Bayar Bahan Bakar akan Gunakan Layar Sentuh pada Mobil

Selasa 13 Mar 2018 13:07 WIB

Rep: Rossi Handayani/ Red: Winda Destiana Putri

Kendaraan isi bahan bakar. Ilustrasi

Kendaraan isi bahan bakar. Ilustrasi

Foto: Digitaltrends
Saat ini periset sedang mengerjakan pembangunan pompa gas yang terhubung internet.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Biasanya saat mengisi bahan bakar, seseorang akan dihadapkan dengan pilihan membayar melaui dompet dengan tunai atau kartu kredit. Nantinya akan ada cara pembayaran lainnya, cukup dengan menggunakan layar sentuh pada kendaraan.

Saat ini periset sedang mengerjakan pembangunan pompa gas yang terhubung dengan internet. Ke depan para pengendara akan membayar pengisian tangki bensin dengan menggunakan layar sentuh mobil.

Idenya relatif mudah diimplementasikan karena mengandalkan teknologi yang sudah ada. Jaguar dan Shell baru-baru ini menunjukkan bagaimana menerapkannya bersama-sama, meski dalam skala yang jauh lebih kecil.

Semuanya berawal dari layar sentuh yang tertanam di dasbor sebagian besar mobil, dan truk baru. Bagian kedua dari proyek ini melibatkan penambahan pompa gas ke jaringan Internet of Things (IoT) yang berkembang dari benda terhubung, saat ini berkisar dari gelombang mikro hingga ban.

Bagian ketiga memerlukan pengaturan koneksi pembayaran mobile antara mobil dan pompa. Ini bisa dilakukan melalui PayPal, Apple Pay, Android Pay, atau layanan serupa.

Dalam website Mobile Payments Today, yang dilansir dari laman Digital Trends Selasa (13/3), menjelaskan satu cara untuk menghadirkan teknologi ini bersama-sama. Pengemudi akan naik ke pompa bensin seperti yang mereka lakukan hari ini, pilih jenis bahan bakar mobilnya, dan mengisi tangki secara manual.

Sejauh ini bagus. Sebagai gantinya membayar dengan uang tunai atau kartu kredit, kemudian pengguna akan menggunakan sebuah aplikasi yang dimasukkan ke dalam sistem infotainment mobil untuk membayar secara langsung.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA