Senin 12 Mar 2018 22:41 WIB

'Pesta Literasi' Padukan Baca Buku dan Ngopi

Salah satu upaya untuk terus menyebarluaskan semangat membaca.

Siswa membaca buku di perpustakaan.  (ilustrasi)
Foto: Antara/Arif Firmansyah
Siswa membaca buku di perpustakaan. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,  JEMBER -- Mempopulerkan gerakan literasi bisa dilakukan dengan berbagai cara kreatif. Salah satunya dengan memadukan kegiatan membaca buku dengan minum kopi yang dilakukan Unit Pelayanan Teknis (UPT) Perpustakaan Universitas Jember (Unej), Jawa Timur. 

Acara ini diberi nama "Pesta Literasi" dan digelar di kampus setempat, Senin (12/3). "Kegiatan Pesta Literasi merupakan salah satu upaya untuk terus menyebarluaskan semangat membaca di kalangan sivitas akademika Unej dan juga masyarakat Jember," kata Kepala UPT Perpustakaan Unej Ida Widiastuti di perpustakaan kampus setempat.

Selain mendapatkan berbagai pengetahuan terkait literasi, khususnya literasi informasi, pengunjung juga dapat menikmati minuman kopi gratis yang disajikan oleh Komunitas Jember Koffiesta.

"Dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi informasi di era digital saat ini, kami sebagai salah satu motor penggerak minat baca di lingkungan perguruan tinggi harus mampu mencari cara yang unik dalam menarik perhatian khalayak, agar terus mau membaca dan belajar," tuturnya.

Salah satunya dengan cara menggandeng komunitas Jember Koffiesta karena saat ini minum kopi telah jadi tren, sehingga pihaknya menyediakan 300 gelas kopi gratis yang sudah diracik oleh Komunitas Jember Koffiesta dengan berbagai ragam minuman kopi dari kopi robusta, arabika hingga kopi gayo yang dilengkapi dengan makanan ringan.

"Kegiatan Pesta Literasi juga dijadikan sebagai momen lahirnya Komunitas Sahabat Perpustakaan yakni komunitas yang berupaya meningkatkan kemampuan berliterasi dan menyebarkan budaya membaca kepada masyarakat, baik di dalam maupun di luar kampus," katanya.

Anggota Komunitas Sahabat Perpustakaan terdiri dari mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan dan kalangan umum dengan program yang dicanangkan di antaranya program kelas literasiberupa dalam jaringan (daring) search skill, kelas inspirasi, talk show, berbagai lomba, optimalisasi sosial media, dan pengolahan perpustakaan berbasis teknologi informasi.

"Kami harapkan komunitas itu dapat menjadi ruang bagi sivitas akademik Universitas Jember dan masyarakat umum dalam menumbuhkan kemampuan literasi mereka," ujarnya.

Sementara Wakil Rektor III Unej M. Sulthon Masyhud dalam sambutannya memberikan apresiasi terhadap langkah nyata yang telah dilakukan oleh UPT Perpustakaan Unej dalam menyebarluaskan gerakan literasi.

"Saya juga berharap agar Perpustakaan Unej dapat memberikan pelayanan yang semakin baik terhadap para pengunjung baik yang berasal dari Unej maupun masyarakat luar kampus. Salah satu langkah yang sudah diwujudkan adalah dengan mempercantik halaman UPT Perpustakaan dengan taman yang representatif untuk membaca atau sekadar bersantai.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement