Senin 05 Mar 2018 15:52 WIB

Sandi Ingin Pasangkan Maskot Asian Games dengan Ondel-Ondel

Ia juga ingin mempekerjakan para perajin ondel-ondel.

Rep: Sri Handayani/ Red: Israr Itah
Maskot Asian Games 2018, Bhin-Bhin, Atung, dan Kaka.
Foto: ANTARA/Nova Wahyudi
Maskot Asian Games 2018, Bhin-Bhin, Atung, dan Kaka.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin berkeinginan memasangkan maskot Asian Games 2018 dengan ondel-ondel Betawi. Ia juga ingin mempekerjakan para perajin ondel-ondel dalam perhelatan pesta olahraga bangsa-bangsa Asia itu.

Politikus Partai Gerindra itu mengaku telah menyampaikan rencananya kepada Ketua Panitia Penyelenggara Asian Games (INASGOC) 2018 Erick Tohir. Ia ingin ondel-ondel dipasangkan dengan ketiga maskot.

"Atung berpasangan dengan ondel-ondel Betawi. Kostum Bhin-bhin dengan ondel ondel Betawi, dan Kaka. Itu kan tiga (maskot) untuk Asian Games, Bhin-bhin, Kaka, sama Atung," kata Sandiaga di Balai Kota,Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (5/3).

Dengan begitu, kata Sandiaga, akan terjadi asimilasi budaya Betawi dengan Asian Games 2018. Hal ini juga menjadi pengingat bahwa perhelatan Asian Games 2018 diselenggarakan di tanah Betawi.

Cara ini juga digunakan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan adanya ajang Asian Games 2018 di Jakarta. Ia mengaku hingga saat ini tingkat sosialisasi baru mencapai 20 persen. Sandiaga ingin sosialisasi dilakukan berjalan lebih masif lagi, terutama dalam acara car free day di wilayah Jakarta.

"Setiap ada acara saya (ambil) sampel saja berapa yang tahu Asian Games akan mulai tanggal berapa, dan angkanya masih berkisar 20 persen," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement