Minggu, 18 Rabiul Akhir 1441 / 15 Desember 2019

Minggu, 18 Rabiul Akhir 1441 / 15 Desember 2019

Berantas Kelaparan, Restoran India Sediakan Makanan Gratis

Senin 05 Mar 2018 05:18 WIB

Rep: Adinda Pryanka/ Red: Hazliansyah

IZI menyalurkan zakat untuk korban kelaparan Somalia.

IZI menyalurkan zakat untuk korban kelaparan Somalia.

Foto: izi
Apabila masyarakat merasa lapar, mereka bisa datang dan makan di restoran ini

REPUBLIKA.CO.ID, Makanlah sebanyak yang Anda mau, beri sebanyak yang Anda mau. Inilah moto yang menginspirasi sebuah restoran di distrik Alappuzha, Kerala, India, dalam upayanya menciptakan negara bebas kelaparan.

Janakeeya Bhakshanasala (The Peoples Restaurant), mulai menyajikan makanan berkualitas bagi masyarakat umum tanpa memungut biaya tertentu sejak Sabtu (3/3). Rumah makan ini merupakan cabang dari Snehajalakan, unit perawatan paliatif di India.

Menteri Keuangan India, Thomas Isaac, mengatakan, apabila masyarakat merasa lapar, mereka bisa datang dan makan di restoran. Tidak ada konter kasir untuk menagih makanan.

"Hati nurani Anda-lah kasirnya. Anda bisa membayar berapapun yang Anda mau dan bisa disimpan di meja kasir. Mereka yang tidak mampu, bisa langsung pergi," tuturnya dalam postingan di Facebook.

Dalam tulisannya, Isaac juga menjelaskan, Janakeeya Bhakshanasala merupakan proyek awal untuk mencapai negara bebas kelaparan. Nantinya, rumah makan dengan konsep serupa akan ditiru di beberapa titik di Kerala.

Terletak di Jalan Alapphuza-Chertala dekat Pathirapally, restoran ini dilengkapi dengan dapur modern yang bisa menyiapkan makanan untuk sampai 2 ribu orang. Restoran dua lantai ini memiliki pabrik pengolahan limbah dan instalasi pengolahan air, selain lift untuk membawa makanan ke lantai atas.

"Semuanya didanai melalui CSR milik KSFE (Kerala State Financial Enterprise)," ujar Isaac.

Dinding restoran dihiasi dengan karya seniman Harmony Art Group yang berbasis di Pathirappaly. Salah satu bahan baku restoran dipanen dari pertanian organik terdekat yang didirikan di lahan seluas 2,5 hektar. Pelanggan juga bisa membeli sayuran dari lahan ini.

Isaac berharap, restoran bisa memenuhi kebutuhan masyarakat yang membutuhkan dengan mengajak orang-orang di daerah tersebut untuk menyumbangkan uang atau makanan saat memperingati acara khusus. Sudah ada 1.576 formulir sukarela yang dikumpulkan dari warga sekitar Snehajalakam, ucapnya.

Proyek serupa juga sudah diluncurkan pemerintah distrik Ernakulam pada bulan lalu. Sebanyak 900 kupon makan gratis didistribusikan atas nama Numma Oonu, sebuah proyek yang bertujuan memberantas kelaparan di perkotaan.

Mereka yang tidak mampu membeli makan siang bisa datang ke tempat yang sudah ditunjuk sebelumnya. Kupon tersebut bisa ditukar dengan makanan berkualitas dari hotel maupun stasiun kereta yang juga telah diajak bekerja sama dalam proyek Numma Oonu.



BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA