Ahad 04 Mar 2018 16:45 WIB

Asian Games 1958, Jepang Juara, Indonesia Gagal Raih Emas

Para atlet Nusantara hanya mengumpulkan enam medali perunggu.

Rep: Frederikus Dominggus Bata/ Red: Endro Yuwanto
Asian Games 1958 di Tokyo, Jepang.
Foto: slideshare.net
Asian Games 1958 di Tokyo, Jepang.

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Jepang menjadi tuan rumah Asian Games pada 1958. Pesta olah raga multievent negara-negara Asia itu tepatnya berlangsung di Kota Tokyo.

Kaisar Hirohito didaulat membuka gelaran tersebut. Sejumlah tokoh juga menghadiri, di antaranya ada Mohammad Reza Pahlavi dari Iran. Sekitar 70 ribu orang memadati Olympic Stadium.

Acara berlangsung dari 24 Mei hingga 1 Juni 1958. Ada 20 negara menjadi peserta. Sebanyak 13 cabang olah raga dipertandingkan di Asian Games ketiga ini.

Cabang-cabang tersebut antara lain atletik, basket, tinju, bersepeda, loncat indah, sepak bola, dan hoki. Kemudian ada menembak, renang, tenis meja, tenis, voli, angkat besi, serta gulat. Sekitar 1.820 atlet turun gelanggang dalam 97 nomor.

Tuan rumah menjadi juara umum gelaran tersebut. Total Jepang meraih 139 medali. Perinciannya 67 emas, 42, perak, dan 30 perunggu.

Di tempat kedua ada Filipina. Perwakilan Asia Tenggara itu meraih 48 medali secara keseluruhan. Jika dirincikan terbagi dalam delapan emas, 19 perak, dan 21 perunggu.

Sementara, Indonesia ada di urutan ke-14. Tim Garuda tidak mendapat emas dan perak. Para atlet Nusantara hanya mengumpulkan enam medali perunggu.

Dari 20 tim, hanya 16 negara yang memperoleh medali. Beberapa lainnya gagal total alias tidak mendapatkan satupun medali. Negara-negara tersebut di antaranya Afghanistan, Kamboja, dan Nepal.

sumber : Wikipedia/Berbagai Sumber
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement