Selasa, 1 Rajab 1441 / 25 Februari 2020

Selasa, 1 Rajab 1441 / 25 Februari 2020

Begini Cara Mencari Makanan Halal di Luar Negeri

Jumat 02 Mar 2018 10:56 WIB

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Winda Destiana Putri

Makanan halal

Makanan halal

Foto: ist
KBRI atau orang-orang di KBRI malah sudah memiliki daftar resto-resto halal.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Sebagian masyarakat yang pergi ke luar negeri masih menganggap mencari makanan halal itu sangat sulit. Direktur Halal Center Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada, Nanung Danar Dono, memberikan sejumlah tips mudah mencari makanan halal di luar negeri.

Ia menekankan, hampir semua negara besar di dunia sudah memiliki lembaga resmi yang miliki tugas memberikan sertifikat halal. Sederhananya, lembaga-lembaga seperti LPPOM-MUI di Indonesia hampir pasti ada di negara-negara besar dunia.

Selain itu, ia menegaskan jika hampir semua kota-kota besar sudah memiliki Masjid dan makanan halal. Artinya, tinggal diri kita sendiri yang harus melakukan usaha-usaha demi mendapatkan makanan halal saat di luar.

"Pertama kita bisa mencari di internet, ketik halal dan kotanya, misal halal resto New York, halal resto London," kata Nanung kepada Republika usai memberikan Halal Class di Masjid UGM, Kamis (1/3) sore.

Kedua, lanjut Nanung, kita bisa menanyakan langsung ke Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) yang ada di negara-negara tersebut. Biasanya, KBRI atau orang-orang di KBRI malah sudah memiliki daftar resto-resto halal.

Ketika, kita bisa menanyakan ke Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) yang biasanya memang ada di negara-negara besar. Nanung meyakinkan, negara-negara besar dunia memiliki lembaga sertifikasi halal, sehingga tidak sulit mencari makanan halal.

"Bahkan, pedagang-pedagang di luar negeri jika kita memakai simbol-simbol Islami (jilbab atau peci), biasanya mereka memberi tahu ada kandungan tidak halal, you can't buy this from me," ujar Nanung saat memberi materi.

Ia berpendapat, pakaian-pakaian Islami yang kita kenakan saat berada di luar negeri memang sering membantu menghindarkan dari makanan-makanan tidak halal. Karenanya, Nanung merasa umat Islam tidak perlu ragu mengenakan pakaian-pakaian Islami di luar negeri.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA