Sunday, 4 Jumadil Akhir 1442 / 17 January 2021

Sunday, 4 Jumadil Akhir 1442 / 17 January 2021

Anies tak Ingin Gegabah Sediakan Rumah DP Nol

Kamis 01 Mar 2018 06:40 WIB

Rep: Mas Alamil Huda/ Red: Ratna Puspita

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan penggunaan underpass atau jalur lintas bawah Kartini-Lebak Bulus, Rabu (28/2).

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan penggunaan underpass atau jalur lintas bawah Kartini-Lebak Bulus, Rabu (28/2).

Foto: Republika/ Mas Alamil Huda
Anies mengaku tak pernah menjanjikan akan melakukan groundbreaking di Rorotan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku tak pernah menjanjikan akan melakukan groundbreaking atau peletakan batu pertama untuk rumah dengan uang muka atau DP nol rupiah di Rorotan, Jakarta Utara. Ia tak ingin gegabah dalam menyediakan rumah DP nol untuk warga Jakarta.

"Karena ini menyangkut sesuatu yang punya efek jangka panjang bagi warga. Warga punya harapan sangat besar pada soal rumah milik, hunian milik. Karena itu, kami tidak ingin ada langkah atau seremoni yang sekedar untuk memenuhi harus ada rumah," kata dia, Rabu (28/2).

Anies mengatakan, sampai saat ini belum ada rencana untuk melakukan peletakan batu pertama untuk rumah DP nol setelah Klapa Village di Pondok Kelapa, Duren Sawit, Jakarta Timur beberapa waktu lalu. Ia bahkan menyebut belum ada rencana apapun di tempat lain untuk pembangunan rumah DP nol.

Anies menambahkan, dirinya tak akan mengumumkan ke publik rencana baru terkait pembangunan rumah RP nol rupiah sebelum semuanya matang digodok. Program Pemprov DKI untuk rumah DP nol rupiah, kata dia, baru di Pondok Kelapa berupa rumah susun.

"Kami belum ada program itu (rumah DP nol rupiah saat ini). Yang kita sudah luncurkan, yang sudah diluncurkan (Klapa Village). Yang sekarang belum ada," ujar dia.

Peletakan batu pertama rumah DP nol rupiah di Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara, batal dilakukan pada hari ini, Rabu (28/2). Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan, penundaan karena masih ada beberapa hal yang harus dikaji kembali.

Sebelumnya, Sandiaga mengatakan peletakan batu pertama rumah DP nol persen di Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara akan dimulai pada 28 Februari. Unit tersebut akan dibangun di atas lahan seluas 1,3 hektare.

Sandiaga mengaku telah mendatangi lokasi tersebut dan mengusulkan penambahan unit. Sandiaga juga telah bertemu dengan perwakilan PT Nusa Kirana untuk membicarakan pembangunan rumah tersebut.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA