Thursday, 9 Sya'ban 1441 / 02 April 2020

Thursday, 9 Sya'ban 1441 / 02 April 2020

Indonesia Tawarkan Komoditas Unggulan untuk Beli Sukhoi

Senin 19 Feb 2018 16:02 WIB

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Nur Aini

Dua pesawat Sukhoi jenis T-50 (kiri) dan SU-35 dalam suatu pameran dirgantara di Moskow, pada 2011.

Dua pesawat Sukhoi jenis T-50 (kiri) dan SU-35 dalam suatu pameran dirgantara di Moskow, pada 2011.

Foto: EPA/Sergei Ilnitsky
Rusia akan memilih komoditas yang ditawarkan Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia telah menandatangani kontrak pembelian 11 pesawat tempur asal Rusia, Sukhoi dengan skema imbal beli. Setelah ditandatanganinya kontrak tersebut, sebagai bentuk imbal beli, Rusia juga akan membeli komoditas asal Indonesia.

Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Oke Nurwan mengatakan, pihaknya saat ini sedang menyiapkan proses imbal beli. Indonesia akan menawarkan sejumlah komoditas unggulannya untuk dibeli oleh Rusia.

"Kita sudah tawarkan komoditas ekspor untuk dibeli. Dari beberapa yang kita tawarkan, mereka akan memilih," ujar Oke, saat ditemui di kantor Kementerian Perindustrian, Senin (19/2).

Namun, ia enggan mengungkap komoditas apa saja yang ditawarkan pemerintah pada Rusia. Oke hanya menyebut nilai pembelian yang akan dilakukan Rusia sebesar 570 juta dolar AS. "Pokoknya apa pun yang kita punya, kita tawarkan."

Ini merupakan pengalaman pertama bagi Indonesia melakukan imbal dagang. Oke memperkirakan, semua proses imbal dagang tersebut akan selesai dalam bulan ini.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA