Selasa 13 Feb 2018 16:46 WIB

FSGI Sebut Sekolah di Daerah tak Yakin Lolos PTN Favorit

Siswa dan sekolah tidak percaya diri bisa lolos ke PTN favorit.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Dwi Murdaningsih
 Sejumlah pelajar konsultasi dengan panitia saat akan melakukan pendaftaran secara kolektif SNMPTN di Tangerang, Banten, Selasa (15/5).
Foto: Lucky.R/Antara
Sejumlah pelajar konsultasi dengan panitia saat akan melakukan pendaftaran secara kolektif SNMPTN di Tangerang, Banten, Selasa (15/5).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) menyebut, banyaknya sekolah yang tidak berpartisipasi dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2018, karena tiadanya kepercayaan siswa dan sekolah bisa lolos ke PTN favorit.

Biro Organisasi dan Keanggotaan FSGI Mansyur Siphanate yang juga guru di SMAN 1 Gunungsari Lombok Barat mengaku, di sekolahnya hampir setiap tahun tidak ada siswa yang lolos ke PTN favorit di pulau Jawa. Padahal secara administrasi, nilai, akreditasi telah memenuhi standar yang ditentukan.

"Kenyataan ini yang menjadikan kami (siswa dan guru) tidak begitu percaya dengan jalur tersebut. Padahal hampir semua siswa yang daftar itu menaruh pilihannya di UGM, ITB, UI, begitu," kata Mansyur kepada Republika.co.id, Selasa (13/2).

Menurut dia, hal tersebut secara tidak langsung menimbulkan asumsi bahwa siswa yang bersekolah di daerah tidak akan lulus di PTN top di Indonesia, dan hanya akan lulus di PTN di daerah asalnya. Adanya asumsi tersebut, lanjut dia, menjadikan siswa dan guru tidak lagi memperdulikan pengisian data ke dalam PDSS untuk seleksi jalur SNMPTN.

"Siswa itu akhirnya memilih jalur lain saja," kata Mansur.

Dia mengaku, tidak mengerti apa dan bagaimana proses seleksi yang dilakukan olah panitia SNMPTN atau panitia di PTN tersebut. Namun, dengan sistem yang ada saat ini siswa-siswa di daerah merasa didiskriminasi. Maksudnya, mereka seolah tidak memiliki kesempatan yang luas untuk bisa berkuliah di PTN favorit di Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement