Sabtu 10 Feb 2018 15:44 WIB

Wisudawan Terbaik UAI dapat Hadiah Umrah

Aspek akademik menjadi pertimbangan utama pemilihan wisudawan dan wisudawati terbaik.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Gita Amanda
Muhammad Hafizhuddin Al Ghifary, dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Prodi Hubungan Internasional, yang menjadi wisudawan terbaik periode XVIIi Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI), memberikan pidatonya pada saat acara wisuda. Ia dihadiahi umroh oleh UAI sebagai wisudawan terbaik.
Foto: Humas UAI
Muhammad Hafizhuddin Al Ghifary, dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Prodi Hubungan Internasional, yang menjadi wisudawan terbaik periode XVIIi Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI), memberikan pidatonya pada saat acara wisuda. Ia dihadiahi umroh oleh UAI sebagai wisudawan terbaik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) menghadiahi seorang wisudawan terbaiknya dengan hadiah umrah ke Tanah Suci Makkah. Mahasiswa beruntung itu adalah Muhammad Hafizhuddin Al Ghifary, dari Fakultas IlmuSosial dan Ilmu Politik, Program Studi (Prodi) Hubungan Internasional.

Rektor UAI Profesor Asep Saefuddin sebelumnya mengatakan pihaknya akan mengumumkan beberapa kandidat wisudawan atau wisudawati terbaik yang telah dipilih untuk menjadi pemenangnya. "Kami akan hadiahkan umrah kepada wisudawan atau wisudawati terbaik yang terpilih menjadi pemenang pertama," tuturnya kepada wartawan, Sabtu (10/2).

Pada saat di podium, ia menyebutkan para kandidat yangterdiri atas enam wisudawan dan wisudawati dari berbagai fakultas. Di antaranya adalah Annisa Handayani dari Fakultas Sains dan Teknologi Prodi Teknik; TasyaTamaputri dari Fakultas Ekonomi Prodi Manajemen; Diandra dari Fakultas Sastra Prodi Sastra Jepang; Ockti Syafitri dari Fakultas Psikologi dan Pendidikan Prodi PG PAUD; Sutisna dari Fakultas Hukum Prodi Ilmu Hukum; dan Muhammad Hafizhuddin Al Ghifary dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Prodi IlmuHubungan Internasional.

Asep mengatakan pihaknya memperhatikan aspek akademik terdiri atas Indeks Prestasi Kumulatif (IPK), masa studi, dan aspek-aspek penunjang akademik dan non-akademik lain. Hal itu seperti dicontohkan keikutsertaan dalam jurnal ilmiah nasional dan internasional, kompetisi berbasis kompetensi keilmuan, keaktifan berorganisasi,etika, dan inspiratif.

"Maka Wisudawan Terbaik dan Berprestasi diraih oleh Muhammad Hafizhuddin Al Ghifary, dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Prodi Hubungan Internasional," ucapnya saat mengumumkan di depan para wisudawan dan wisudawati.

Hafiz, dalam pidatonya mengucapakan syukur dan terima kasih kepada almamaternya UAI yang telah memberinya pengalaman pada saat belajar di universitas tersebut. "Terima kasih kepada Universitas Al Azhar Indonesia, para dosen dan segenap civitas akademika yang telah banyak mewarnai cerita pengalaman hidup saya," tuturnya pada saat berpidato.

Selain Hafiz, dua wisudawan yang menjadi pemenang kedua dan ketiga adalah Annisa Handayani dari Fakultas Sains dan Teknologi Prodi Teknik,dan Sutisna dari Fakultas Hukum. Mereka dihadiahi summer camp ke negara Cina.

UAI, Sabtu ini mewisuda sebanyak 287 mahasiswanya dari berbagai fakultas. Wisuda itu dihadirin oleh beberapa tamu kehormatan, di antaranya Prof Dr Shahbaz Khan (Direktur UNESCO Regional Asia Pasifik), dan Prof Dr Jimly Asshiddiqie (Dewan Pengawas YPI AL Azhar).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement