Monday, 19 Rabiul Akhir 1441 / 16 December 2019

Monday, 19 Rabiul Akhir 1441 / 16 December 2019

Kabupaten Sukabumi Targetkan Swasembada Bawang Putih 2019

Kamis 08 Feb 2018 21:41 WIB

Red: Nidia Zuraya

Bawang putih

Bawang putih

Foto: Republika/ Yasin Habibi
Varietas bawang putih yang ditanam berasal dari NTB dan Taiwan.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, menargetkan swasembada bawang putih bisa tercapai pada 2019, sesuai dengan target pemerintah pusat. "Sampai saat ini di Kabupaten Sukabumi sudah ada importir bawang putih yang sudah bekerjasama dengan beberapa kelompok tani untuk menggenjot produksi salah satu komoditas bumbu dapur tersebut," kata Kepala Distan Kabupaten Sukabumi Dedah Herlina di Sukabumi, Kamis (8/2).

Menurutnya, untuk varietas bawang putih yang ditanam di beberapa kecamatan di Kabupaten Sukabumi yakni Sembalun dari Nusa Tenggara Barat (NTB) dan benih impor dari Taiwan. Lanjut dia, untuk saat ini sudah ada empat kecamatan yang difokuskan untuk memproduksi bawang putih seperti di Kecamatan Kadudampit, Sukalarang, Sukaraja dan Sukabumi.

Empat kecamatan tersebut sangat cocok untuk dijadikan sentra produksi bawang putih karena cuaca dan kondisi tanahnya sesuai untuk tanaman bawang butih yakni dengan ketinggian 800 Mdpl. "Kami juga sudah menggandengan Agribusiness Development Station Institut Pertanian Bogor (ADS IPB), importir dan kelompok tani di kecamatan tersebut untuk mendongkrak prodduksi bawang putih," ujarnya menambahkan.

Sementara, Badan Pengelola Kawasan Wisata Agro Kabupaten Sukabumi Acep Sholahudin lahan pertanian untuk bawang putih ini juga akan dijadikan kawasan wisata agro. Bahkan, keuntungan petani bisa bertambah karena dalam waktu dekat di jalur alternatif atau lingkar utara akan dibangun Tol Bocimi, rel ganda kereta api dan bandara.

"Ini akan menjadi daya tarik tersendiri khususnya untuk menarik kedatangan wisatawan. Sekaligus juga bisa mempromosikan dan memasarkan produk pertanian Kabupaten Sukabumi," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA