Kamis 08 Feb 2018 17:20 WIB

Oso Ajak Mahasiswa UNP Belajar dari Pengalaman Hidup

Generasi muda mesti terus menerus memperhatikan dan mempelajari tentang kehidupan.

Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI), Oesman Sapta Odang.
Foto: DPD RI
Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI), Oesman Sapta Odang.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) Oesman Sapta Odang (Oso) mengajak generasi muda untuk tidak berhenti berjuang dan belajar dari pengalaman hidup. Hal ini disampaikannya pada acara Expert Sharing "Belajar dari Broadcaster Senior" yang digelar dalam rangka Hari Pers Nasional 2018 di Auditorium Univeritas Negeri Padang (UNP), Rabu (8/2).

Menurutnya pendidikan di bangku sekolah sangat penting. Namun, pengalaman juga penting. Maka itu, generasi muda diharapkan tidak hanya sekadar membaca dan mencatat saja, tetapi mau mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari.

"Kalau hanya mencatat dan belajar di buku tapi tidak mempraktekkannya maka tidak akan berarti apa-apa. Generasi muda mesti terus menerus memperhatikan dan mempelajari tentang kehidupan," ujarnya seperti dalam siaran pers.

Dihadapan para mahasiswa, Oso menceritakan pengalaman pribadinya yang penuh perjuangan dalam meniti kehidupan baik pahit dan manis dahulu. Perjuangan hidupnya yang keras sedari kecil, untuk mencari uang guna membantu orangtuanya.

“Saya waktu kecil untuk mencari uang harus berjualan rokok di seputaran pelabuhan. Lalu banting setir menjadi buruh pengangkut karet. Semua pahit dan getirnya kehidupan saya jalani dengan tak kenal kata menyerah. Itulah kehidupan yang harus saya hadapi, " tegasnya.

Tambahnya, generasi muda bukan hanya membutuhkan keberanian untuk mencoba hal baru, tapi juga harus memiliki kecerdasan membangun sistem. Membangun sistem ke depan dapat dilakukan melalui langkah 5S yakni Strategi yang tepat, Struktur organisasi seperti apa yang harus kita bangun, Skill dalam organisasi, Sistem yang terbangun dengan baik, dan Speed yang tinggi untuk mencapai target yang diinginkan.

Sementara itu, Rektor Universitas Negeri Padang (UNP), Profesor Ganefri mengatakan melihat perkembangan teknologi dan informasi yang begitu pesat, dunia pendidikan harus turut berbenah dan menyesuaikan dengan zaman. Begitu juga dengan UNP yang sedang melakukan berbagai perubahan. Termasuk reproduksi kurikulum pembelajaran dengan menggunakan teknologi dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan.

"Kita akan meningkatkan kualitas pembelajaran dengan menggunakan teknologi yang berkembang dengan pesat," ujarnya.

Meskipun, menurutnya, pembelajaran tidak dapat sepenuhnya diserahkan kepada teknologi. Tetap dibutuhkan sentuhan dosen agar berlangsung dengan maksimal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement