Friday, 10 Syawwal 1445 / 19 April 2024

Friday, 10 Syawwal 1445 / 19 April 2024

Zulkifli: Trenggalek Wilayah Terpencil Tapi Potensi Besar

Rabu 07 Feb 2018 08:30 WIB

Rep: Amri Amrullah/ Red: Andi Nur Aminah

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan.

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan.

Foto: MPR RI
Trenggalek dinilai punya disiplin dan semangat, ini modal kemajuan bangsa.

REPUBLIKA.CO.ID, TRENGGALEK -- Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengatakan, salah satu syarat dari kemajuan bangsa adalah karakter yang kuat. "Hanya bangsa yang mempunyai karakter dan jati diri yang kuat yang bisa maju," kata Zulkifli, Selasa (6/2).

Zulkifli berada di Trenggalek untuk melakukan sosialisasi Empat Pilar di depan ratusan anggota Muhammadiyah Trenggalek. Dia mengatakan, salah satu indikasi karakter yang kuat adalah adanya disiplin dan semangat. "Saya kagum terhadap Trenggalek yang punya disiplin dan semangat, ini modal kemajuan bangsa," kata Zulhasan.

Menurut Bupati Trenggalek Emil Elestianto Dardak, warga Muhammadiyah Trenggalek memberi kontribusi nyata bagi Trenggalek melalui semangat dan disiplinnya. "Hari ini warga Muhammadiyah bisa hadir 3.000 orang, tapi karena tempat terbatas yang hadir 500 orang," lanjut Emil.

Meskipun termasuk kabupaten kecil di bagian selatan Jawa Timur, Zulhasan melihat potensi yang besar di Trenggalek. "Potensi ini belum muncul karena belum dikelola maksimal," kata mantan menteri kehutanan era SBY ini.

Selain karakter, sebuah bangsa harus mempertahankan budaya lokalnya dalam menghadapi budaya global. "Kenali dan lestarikan budaya tradisional kita," pesan Zulhasan.

Hal ketiga yang menjadi faktor kemajuan bangsa adalah ilmu pengetahuan. "Kita kalah dari Singapura yang penduduknya tiga juta orang karena ilmu pengetahuan," katanya.

Dia menambahkan, Muhammadiyah yang berkembang di Trenggalek memberi kontribusi pada disiplin dan karakter masyarakat. "Kalau mau belajar nilai kebangsaan belajarlah pada Muhammadiyah," kata Ketua MPR.

 

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler