Tuesday, 10 Syawwal 1441 / 02 June 2020

Tuesday, 10 Syawwal 1441 / 02 June 2020

BMKG Ingatkan Transportasi Laut Batam Waspadai Angin Kencang

Selasa 06 Feb 2018 08:28 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Ilustrasi gelombang pasang air laut.

Ilustrasi gelombang pasang air laut.

Foto: Republika/Mardiah
Gelombang laut kuat diprediksi terjadi pada Selasa-Kamis.

REPUBLIKA.CO.ID, BATAM -- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika memperingatkan pengguna transportasi laut Perairan Batam, Bintan, Lingga, Laut Natuna dan Laut Cina Selatan agar berhati-hati gelombang laut yang kuat pada Selasa-Kamis (6-8/2). Kepala Stasiun Meteorologi Klas I Hang Nadim Batam mengatakan gelombang tinggi disertai arus laut yang kuat di perairan Kepulauan Riau itu terjadi karena fenomena Angin Utara yang terjadi ada awal Februari 2018.

BMKG memperkirakan gelombang akan mencapai dua meter, dengan kecepatan angin hingga 20 knot. Sementara itu, terbentuknya daerah belokan angin (shearline) di sekitar wilayah Kepulauan Riau juga menyebabkan terjadinya perlambatan massa udara.

Hal itu mendorong penumpukan massa udara yang mendukung dalam proses pembentukan awan konvektif. Namun, prakiraan kelembapan udara dan kecepatan angin yang tinggi di lapisan atas kurang mendukung proses pertumbuhan banyak awan.

Secara umum kondisi cuaca Selasa diprakirakan cerah berawan hingga berawan dan berpotensi terjadi hujan lokal dengan intensitas ringan hingga sedang yang dapat disertai petir.

"Kondisi ini masih kondusif untuk akivitas transportasi darat dan udara, namun tetap waspada terhadap kecepatan angin yang tinggi di seluruh wilayah Kepulauan Riau," kata dia.

sumber : antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA