Wednesday, 14 Rabiul Akhir 1441 / 11 December 2019

Wednesday, 14 Rabiul Akhir 1441 / 11 December 2019

Dubes AS Kunjungi Museum Konferensi Asia Afrika di Bandung

Senin 29 Jan 2018 17:07 WIB

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Teguh Firmansyah

Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Joseph R Donovan

Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Joseph R Donovan

Foto: Yasin Habibi/ Republika
Donovan tertarik dengan sejarah KAA dan gerakan Non-Blok.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Duta Besar Amerika Serikat (AS) Joseph Donovan mengunjungi Museum Konferensi Asia-Afrika (KAA) di sela sela kunjungan kerjanya di Bandung. Dalam kunjungan tersebut, Donovan mengaku tertarik mempelajari sejarah KAA.

Hal itu diperlihatkan dari sejumlah sejumlah pertanyaan yang dilontarkan Donovan dalam kunjungan berdurasi satu jam itu. Seperti, perihal Pulau Ende di Flores tempat Bung Karno menjalani masa pembuangan di masa perintisan kemerdekaan.

"Saya sangat senang dengan kunjungan ini dan Bandung ternyata memiliki peran penting bagi gerakan non-blok," kata Joseph Donovan.

Dalam kunjungan tersebut, ketertarikan Donovan juga tampak saat melihat sebuah potongan koleksi surat kabar asal Amerika Serikat yang terbit 63 tahun lalu. Surat kabat tersebut menyajikan berita utama terkait KAA.

Dubes Donovan juga terlihat antusias ketika memperoleh penjelasan dari edukator Museum KAA mengenai latar belakang diselenggarakannya KAA pada tahun 1955, negara dan tokoh-tokoh yang terlibat dan hasil konferensi yang melahirkan dokumen Dasa Sila Bandung.

Dalam kunjungan itu, turut serta pula tak kurang dari 10 alumni program pertukaran mahasiswa Amerika Serikat-Indonesia asal Kota Bandung.

 

Bersama Dubes Donovan mereka mengikuti tur museum menapak tilas sejarah kelahiran Semangat Bandung hingga Ruang Utama Gedung Merdeka tempat berlangsungnya peristiwa KAA pertama

 

Museum KAA merupakan salah satu aset diplomasi yang dikelola Direktorat Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri RI.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA