Monday, 30 Jumadil Akhir 1441 / 24 February 2020

Monday, 30 Jumadil Akhir 1441 / 24 February 2020

Yayasan Masjid Seville Minta Bantuan Bangun Masjid Spanyol

Jumat 26 Jan 2018 13:37 WIB

Rep: Fuji E Permana/ Red: Esthi Maharani

Delegasi Seville Mosque Foundation (Yayasan Masjid Sevilla, Spanyol) / Ilustrasi

Delegasi Seville Mosque Foundation (Yayasan Masjid Sevilla, Spanyol) / Ilustrasi

Foto: dpr
Mereka melakukan penggalangan donasi pembangunan masjid pertama di Sevilla,

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Sevilla Mosque Foundation atau Yayasan Masjid Seville berkunjung kembali ke Indonesia untuk melakukan kampanye penggalangan donasi pembangunan masjid pertama di Sevilla, wilayah Andalusia, Spanyol. Mereka sangat mengharapkan dukungan dari Bangsa Indonesia khususnya Muslim Indonesia.

Mantan Duta Besar Republik Indonesia untuk Spanyol, Yuli Mumpuni Widarso mengatakan, kedatangan perwakilan dari Yayasan Masjid Seville ke Indonesia untuk meminta bantuan kepada umat Islam Indonesia. Mereka ingin membangun masjid atau Islamic Center di Sevilla. Sebab, sampai saat ini belum ada masjid di Sevilla. Sementara, harga tanah dan biaya membangun mesjid sangat mahal.

"Mereka (Muslim Spanyol) menilai saudara-saudara di Indonesia Islamnya moderat, ramah dan sudah terkenal senang membantu kalau ada orang mau membangun masjid," kata Yuli kepada Republika di Kantor Sekretariat Negara, Jakarta, Kamis (26/1).

Ia menceritakan, di Sevilla ruko-ruko dijadikan mushola kecil karena belum ada masjid. Selain itu, tidak bisa mengumandangkan azan terlalu keras karena harus menghormati penduduk sekitar yang non Muslim. Kalau mau melaksanakan Sholat Taraweh cukup sulit karena tempat sholatnya di ruko-ruko kecil.

Meski demikian, Yuli menjelaskan, asosiasi umat Islam di Spanyol sangat diterima oleh raja. Spanyol juga sangat aktif dalam dialog antarperadaban. Sehingga komunikasi pemerintah dengan penduduk Muslim bagus. Bahkan, saat umat Islam dikait-kaitkan dengan teroris, pemerintah Spanyol mencarikan solusinya.

"Menghadapi isu yang dikaitkan dengan Islam, pemerintah dan otoritas anti terorisme menggandeng tokoh Muslim di Spanyol," ujarnya.

Populasi Muslim di Sevilla mencapai 25 ribu jiwa. Populasi Muslim di seluruh Spanyol mencapai sekitar 2 juta jiwa. Yayasan Masjid Seville menginformasikan, untuk membangun masjid atau Islamic Centre di Sevilla membutuhkan dana sekitar 17 juta euro. Saat ini baru terkumpul dana sebesar 1.243.307 euro.

Sekretaris Jendral Islamic Centre Sevilla, Ibrahim Hernandez mengatakan, berkunjung ke Indonesia secara khusus untuk memohon dukungan dari Bangsa Indonesia khususnya umat Islam. Dukungan untuk membangun Islamic Centre di Sevilla. Setelah dari Indonesia, Yayasan Masjid Seville akan berangkat ke Malaysia untuk melakukan kampanye penggalangan donasi pembangunan masjid pertama di Sevilla.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA