Selasa 23 Jan 2018 15:26 WIB

UMS Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru di Akhir Pekan

Siswa kesulitan mendaftar ke UMS pada saat hari kerja.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Dwi Murdaningsih
Ilustrasi Mahasiswa.
Foto: Reuters/Patrick T Fallon
Ilustrasi Mahasiswa.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO --- Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) akan membuka layanan pendaftaran penerimaan mahasiswa baru di akhir pekan. Kebijakan tersebut berlaku mulai 28 Januari mendatang. 

Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru UMS, Triyono menjelaskan dibukanya layanan PMB di akhir pekan setelah banyaknya masukan dari siswa  yang kesulitan untuk mengatur jadwal mendaftar ke UMS pada saat hari kerja. 
 
Menurut Triyono, hal tersebut karena siswa harus mengikuti kelas belajar dalam lima hari aktif hingga sore hari. Kondisi tersebut membuat siswa memilih melakukan pendaftaran pada Sabtu. 
 
Sementara dengan membludaknya pendaftar yang datang pada Sabtu, membiat panitia PMB pun kewalahan. Banyak pendaftar yang kemudian harus menunggu hingga pekan berikutnya untuk menyelesaikan proses pendaftaran.
 
 
"Jadi ini program spesial, kami buka di hari Ahad. Karena kalau sampai Sabtu saja itu animonya  tinggi pendaftaran banyak yang tidak selesai," katanya. 
 
Meski demikian, Triyono mengatakan pembukaan pendaftaran mahasiswa baru pada akhir pekan hanya berlangsung hingga akhir Februari. Sebab pada bulan selanjutnya, siswa telah bersiap untuk mengikuti ujian nasional. 
 
Sejak dibukanya PMB pada 2 Januari lalu, jumlah pendaftar telah mencapai 2.503 orang. Menurut Triyono dibukanya pendaftaran di akhir pekan juga membuat wali murid bisa leluasa mengantarkan anaknya untuk mengantar. 
 
"Ini memberi kesempatan bagi orangtua untuk mendaftar. Apalagi kan banyak pendaftar yang juga berasal dari luar Jawa," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement