Friday, 13 Syawwal 1441 / 05 June 2020

Friday, 13 Syawwal 1441 / 05 June 2020

Tiga Gajah Datangi KPU Lampung

Senin 08 Jan 2018 21:41 WIB

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Andi Nur Aminah

Tiga gajah diangkut kembali ke mobil truk, setelah mengantar paslon gubernur dan wakil gubernur mendaftar di Kantor KPU Lampung, Senin (8/1).

Tiga gajah diangkut kembali ke mobil truk, setelah mengantar paslon gubernur dan wakil gubernur mendaftar di Kantor KPU Lampung, Senin (8/1).

Foto: Republika/Mursalin Yasland

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -- Untuk pertama kalinya, tiga gajah mendatangi Kantor KPU Provinsi Lampung, Senin (8/1). Tiga gajah tersebut mengiringi pasangan calon (Paslon) gubernur dan wakil gubernur Mustafa Jajuli mendaftar pilgub Lampung di KPU Lampung Jalan Gajahmada, Kota Bandar Lampung.

Kehadiran tiga gajah tersebut menjadi pusat perhatian masyarakat setempat dan yang melintas di jalan tersebut. Sejumlah orang tak ketinggalan mengabadikan moment bersejarah tersebut dengan kamera telepon selulernya. Gajah-gajah tersebut berada di antara sejumlah orang pendukung paslon yang diusung Partai Nasdem, PKS, dan Hanura.

Mustafa dan Jajuli naik satu gajah didampingi pawangnya. Gajah-gajah tersebut ikut konvoi di tengah massa pendukung menuju kantor KPU Lampung. Tak heran, kehadiran tiga gajah dan massa pendukung yang memadati Jalan Gajahmada membuat arus lalu lintas macet total. Polisi menutup sebelah jalan, dan mengalihkan arus kendaraan ke jalan pemukiman penduduk.

Lalu, apa alasan paslon tersebut harus menunggangi gajah menuju kantor KPU? Mustafa, yang juga menjabat bupati Lampung Tengah mengatakan, gajah adalah simbol Provinsi Lampung. Gajah, lanjut dia, menunjukkan kegagahan daerah Lampung untuk tampil di muka.

"Gajah adalah simbol kebesaran Lampung. Provinsi Lampung terkenal dengan gajahnya yang luar biasa," ungkap Mustafa, yang saat mendaftar bersama wakilnya Jajuli mengenakan kemeja putih dan berpeci.

Menurut dia, simbol gajah memberikan sifat kekerabatan. Simbol kekerabatan hendaknya dijaga dari segala unsur. Menjaga kekerabatan tersebut, berarti tidak memandang golongan, etnis, dan agama tertentu. Setelah menjalankan tugasnya, tiga gajah tersebut langsung diangkut menggunakan tiga truk ke habitatnya.

Di hadapan komisioner KPU Lampung, paslon tersebut membawa surat rekomendasi model BW.1-KWK PARPOL dari tiga partai politik, masing-masing bernomor 045-KPTS/DPP-NasDem/XI/2017, 50/SKEP/DPP-PKS/1439, dan SKEP/B-016/DPP-Hanura/I/2018, beserta berkas pendaftaran lainnya.

"Persyaratan sudah lengkap diterima KPU, ke depan akan melakukan tahap selanjutnya," kata Mustafa saat berorasi di atas mobil terbuka seusai diterima komisioner KPU Lampung. Paslon tersebut disambut sejumlah parpol pendukung, organisasi massa, dan lainnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA