Senin, 19 Rabiul Akhir 1441 / 16 Desember 2019

Senin, 19 Rabiul Akhir 1441 / 16 Desember 2019

Sandi Ingin Mahasiswa Ubah Paradigma Ciptakan Lapangan Kerja

Sabtu 06 Jan 2018 20:13 WIB

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Endro Yuwanto

Sandiaga Uno

Sandiaga Uno

Foto: Republika/Raisan Al Farisi

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno memberikan kuliah umum di Universitas Muhammadiyah Profesor Dr Hamka (Uhamka), Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu (6/1). Di dalam kuliah umumnya, Sandiaga ingin para mahasiswa belajar banyak tentang kewirausahaan.

Sandiaga mengatakan, akan membangun koperasi OK OCE di Uhamka. Hal tersebut bertujuan untuk melatih kemampuan berwirausaha sekaligus menambah lapangan pekerjaan.

"Mereka ingin lebih mengetahui tentang gerakan OK OCE. Bagaiamana Uhamka bisa ikut berpartisipasi untuk membuka entrepreneur baru, membuka lapangan pekerjaan salah satu inisiatifnya adalah membuka koperasi OK OCE di sini, modelnya mungkin mirip OK OCE mart," kata Sandiaga usai memberi kuliah umum.

Sandiaga menambahkan, harapan ke depannya adalah bisa mengubah paradigma para mahasiswa. "Kami harapkan kerja sama ini mengubah paradigma dari mahasiswa bukan mencari lapangan kerja tapi menciptakan lapangan kerja," jelas dia.

Menurut Sandiaga, hal yang paling penting untuk menjadi pengusaha adalah pelatihan dan pengenalan. Sebelum menuju tahap lainnya, seorang calon pengusaha harus memiliki dasar wirausaha yang baik. "Begitu mereka mendapatkan pelatihan secara basic, step kedua adalah pendampingan dan bagaimana mereka membuat rencana bisnis. Di situ pendampingan kami akan turunkan mentor-mentor baru setelah rencana bisnis dibuat, baru masalah permodalan," kata dia.

Sandi menyebutkan, nantinya permodalan akan bekerja sama dengan pihak perusahaan perbankan dan pembiayaan. "Permodalan ini kami akan kerja sama dengan perusahaan perbankan, pembiayaan, lembaga keuangan mikro maupun lembaga keuangan syariah. Dengan ini insyaAllah nanti usaha yang berkembang tentunya akan memiliki prospek yang baik untuk menciptakan lapangan kerja," jelas dia.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA